Friday, March 20, 2009

Marinir Kirim 130 Pasukan ke Ambalat


20 Maret 2009, Sidoarjo -- Komandan Pasmar-1, Brigjen TNI (Mar) I Wayan Mendra di Gedangan, Sidoarjo, Jumat melepas 130 prajurit yang akan dikirim untuk menjaga kawasan Perairan Ambalat di perbatasan Malaysia.

Komandan Pasmar-1 dalam sambutannya mengatakan, penugasan kepada segenap prajurit Korps Marinir adalah suatu kepercayaan dari pimpinan sekaligus amanah yang harus dipertanggungjawabkan kepada satuan, diri sendiri dan kepada Tuhan.

"Tugas ini merupakan suatu kehormatan sekaligus merupakan kebanggaan. Oleh karena itu tugas yang diemban harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab," kata jenderal berbintang satu itu.

Ia meminta, sebagai prajurit Korps Marinir, dimanapun bertugas harus senantiasa berfikir, bertindak dan berbuat yang terbaik. Dengan bekal profesionalisme serta disiplin yang telah melekat di dalam dirinya, ia yakin prajuritnya akan dapat melaksanakan tugas dengan baik.

"Tugas kalian yang paling penting adalah, menjaga keutuhan wilayah dan kedaulatan negara dari ancaman, hambatan dan tantangan asing," katanya.

Ia juga berharap agar Satgas Ambalat IX ini dapat bekerja sama dengan satuan tugas yang lain, seperti Polri, TNI dari matra lain dan masyarakat.

"Saat berada di daerah penugasan, isi waktu luang dengan terus melakukan pembinaan sehingga akan menghilangkan rasa jenuh dalam melaksanakan tugas," katanya.

Mereka juga diminta untuk terus mengikuti setiap perkembangan yang terjadi di daerah operasi dengan terus meningkatkan kesiapan dan kewaspadaan. Hal itu dapat dilakukan dengan melakukan deteksi dini terhadap segala ancaman, hambatan dan gangguan.

"Gunakan prosedur tetap (protap) yang benar pada setiap gerakan dan kegiatan sehingga meminimalkan kerugian personel maupun material," katanya.

Pelepasan itu dihadiri calon Kepala Staf Pasmar-1, Kolonel Marinir L. W. Supit, Asintel Kepala Staf Pasmar-1, Letkol Marinir Edi Zuardi, Asops Kepala Staf Pasmar-1, Kolonel Marinir I Made Wahyu Santoso, Aspers Kepala Staf Pasmar-1, Letkol Marinir Amir Faisol.

Hadir juga Aslog Kepala Staf Pasmar-1, Kolonel Marinir Enjang Suryana, Komandan Brigif-1, Kolonel Marinir K. Situmorang, Komandan Resimen Artileri 1, Kolonel Marinr FX Deddy Susanto, Komandan Resimen Kavaleri 1, Kolonel Marinir Yuliandar, Komandan Resimen Bantuan Tempur 1, Letkol Marinir Suhono dan pejabat lainnya. (AntaraJatim)

No comments:

Post a Comment