Monday, March 16, 2009

Iran Mulai Memproduksi Tank Tosan


16 Maret 2009 -- Iran kembali memperkuat kekuatan militernya dengan memulai membuat tank reaksi cepat yang diberi nama Tosan seperti yang diberitakan Fars News Agency (14/3).

Tosan merupakan proyek kedua dari Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) Kekuatan Darat, setelah sebelumnya sukses memodernisasi sistem mesin dan kontrol penembakan tank T-55.

Tosan termasuk tank ringan dilengkapi dengan meriam 90 mm, untuk membawanya tidak memerlukan truk pengangkut khusus serta pernah terlihat dipasang peluncur rudal Toophan.

Tosan atau Towan yang berarti kuda liar dilaporkan pertama kali bulan Desember 1997. Tank ini berkemampuan merespon dengan cepat dan dibuat untuk misi strategis.

Saat ini IRGC tengah mengerjakan empat proyek pembuatan rudal anti kendaraan yang akan digunakan untuk IRGC dan unit komando, ujar Kolonel Nasser Arab Beigi pejabat senior militer Iran.

Angkatan Udara Iran Membantah Kecelakaan Pesawat
AU Iran membantah berita yang melaporkan sebuah pesawat tempur jenis Sukhoi SU-24 Fencer mengalami kecelakaan di Bandara Internasioanl Mehrabad Tehran.

Sebelumnya surat kabar lokal memberitakan Jumat kemarin (13/3) pesawat tempur AU Iran mengalami kecelakaan karena masalah teknis.

Fars/@beritahankam


No comments:

Post a Comment