Thursday, December 27, 2012

Amerika Jual PUNA Global Hawk ke Korea Selatan

RQ-4 Global Hawk. (Foto: USAF)

27 Desember 2012, Washington, DC: Pemerintahan Obama telah dengan resmi mengusulkan penjualan pesawat mata-mata tak berawak kepada Korea Selatan, dalam usaha untuk memperkuat kemampuan pemerintah Seoul melindungi diri terhadap serangan Korea Utara yang mempunyai angkatan bersenjata yang sangat besar itu.

Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan Amerika mengatakan dalam pernyataan bahwa badan itu telah dengan resmi memberitahu Kongres mengenai rencana penjualan $1,2 miliar pesawat tak berawak Global Hawk yang terbang tinggi serta pelatihan dan dukungan logistik. Para analis mengatakan Kongres kemungkinan besar akan menyetujuinya.

Korea Selatan direncanakan akan mengambil-alih wewenang atas pasukannya dari Amerika Serikat tahun 2015, dan badan keamanan tadi mengatakan Seoul tidak akan mempunyai kesulitan menyerap sistem wewenang baru itu ke dalam angkatan bersenjatanya.

Sistem wewenang Amerika yang berlaku sekarang berasal dari peranan Amerika dalam perang Korea tahun 1950-1953, yang menghentikan serbuan Korea Utara untuk merebut kekuasaan atas Selatan.

Pesawat tak berawak Global Hawk, dengan radarnya yang menembus awan, membawa kamera digital resolusi-tinggi dan pengindera infra-merah. Pesawat itu kabarnya mampu mendeteksi benda yang panjangnya kurang dari 30 centimeter dari ketinggian kira-kira 20 kilometer.

Sumber: VOA

1 comment:

  1. Ini namanya teknologi canggih setelah riset puluhan tahu, pengerahan banyak ilmuwan dan last but not least adalah gelontoran anggaran yang tak terbatas demi realisasi doktrin pertahanan yang dianutnya. Dan semua kegiatan digerakkan oleh kalangan swasta, sedang pemerintah menjamin penyerapan hasil risetnya berupa produk yang reliable. Bagaimana dengan kita???

    ReplyDelete