Monday, December 24, 2012

Satgas Konga XX-I Peroleh Penghargaan dan Medali dari PBB


24 Desember 2012, Kongo: Setelah satu tahun melaksanakan tugas dalam misi perdamaian di Demokratik Republik of Congo (DRC), Satgas Kompi Zeni TNI Konga XX-I/MONUSCO (Mission De L Organesation Des Nations Unies Pour La Stabilization en Republique Demokratique du Congo), yang di Komandani oleh Letkol Czi Sapto Widhi Nugroho akan segera berakhir pada tanggal 29 Desember 2012, dan kembali ke tanah air Indonesia.

Sungguh sangat berkesan bagi 175 prajurit TNI yang tergabung dalam Konga XX-I selama bertugas di DRC, kedekatannya dengan rakyat Kongo dan jalinan keakraban antara pasukan Garuda dengan penduduk lokal ini tidak akan dapat ditemukan pada kontingen negara lain yang sama-sama melaksanakan tugas di Negara Kongo. Hal ini dapat terwujud, karena seluruh prajurit Garuda selalu memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI.

Selain dekat dengan hati rakyat Kongo, pasukan Garuda juga telah menyelesaikan semua tugasnya yang diberikan oleh PBB melalui MONUSCO di bawah Komando Brigade Ituri. Keberhasilan Konga XX-I, antara lain : rehabilitasi jalan antara Dungu-Duru tahap II sepanjang 42 km; pemeliharaan jalan dan jembatan antara Dungu-Faradje sepanjang 145 km; (jalan Dungu-Ngilima 45 km tahap pengerjaan); pemeliharaan bandara dan helipad Dungu; rehabilitasi penjara; pembangunan kantor Brigade FARDC Sektor Rudia; membantu seluruh kontingen yang berada di daerah Dungu, baik sipil maupun militer; serta membantu fasilitas jalan dan jembatan bagi penduduk setempat; sampai dengan hal yang terkecil sekalipun kalau memang itu terkait dengan tugas dan pekerjaan Zeni, Pasukan Garuda akan selalu tampil yang terdepan di antara Kontingen Zeni lainnya.

Dari beberapa tugas yang dipercayakan kepada Kompi Zeni TNI Konga XX-I selalu berhasil dengan baik, maka PBB melalui MONUSCO menganugerahi Piagam dan Medali yang diserahkan oleh Komandan Brigade Ituri Brigjen Sabbhir Ul Karim (Bangladesh) kepada Kontingen Garuda yang di terima oleh Komandan Satgas Letkol Czi Sapto Widhi Nugroho, di Bumi Nusantara Camp Dungu – Kongo, Sabtu (22/12/2012).

Pada saat memberikan piagam penghargaan dan penyematan medali tersebut, PBB melalui Brigjen Sabbhir menyampaikan ucapan rasa hormat dan terimakasihnya kepada seluruh Pasukan Garuda karena selama ini bukan hanya pandai membangun jalan dan jembatan, tetapi juga telah membangun jalan dan jalinan jembatan hati rakyat Kongo dengan seluruh pasukan yang tergabung dalam Kompi Zeni TNI Konga XX-I/MONUSCO.

Lebih lanjut Komandan Brigade Ituri menyampaikan, hendaknya kontingen dari negara lain bisa mencontoh apa yang telah dilakukan oleh Pasukan Garuda yang selalu berhasil dalam tugas dan dekat dengan hati rakyat Kongo. Ucapan selamat jalan untuk kembali ke tanah air Indonesia juga disampaikan oleh Brigjen Sabbhir Ul Karim, semoga selamat sampai tanah air dan selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa, serta jadikan pengalaman ini untuk bekerja lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Sumber: PMPP News

No comments:

Post a Comment

Post a Comment