Saturday, June 11, 2011

Menteri PPN/Kepala Bappenas Kunjungi Koarmatim

Menteri PPN/Kepala Bappenas Prof. Dr. Armida S. Alisjahbana didampingi Kasal saat meninjau Alat Utama Sistem Senjata.

10 Juni 2011, Surabaya (Penaramatim): (Alutsista):Menteri PPN/Kepala Bappenas Prof. Dr. Armida S. Alisjahbana mengadakan kunjungan ke Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) Ujung Surabaya, Jumat (10/6).

Kedatangan Menteri PPN/Kepala Bappenas beserta rombongan di Mako Koarmatim, disambut oleh Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, SE, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Soeparno, Pangarmatim Laksamana Muda TNI Bambang Suwarto serta pejabat Mabes TNI dan Mabesal di gedung Lounge Majapahit. Di dalam ruangan ini, Menteri PPN/Kepala Bappenas dan rombongan mendengarkan paparan tentang kekuatan pokok minimum atau Minimum Essential Forces (MEF).

Setelah mendengarkan paparan, kemudian Menteri PPN/Kepala Bappenas dengan didampingi Panglima TNI, Kasal dan Pangarmatim meninjau KRI Clurit-641 yang bersandar di Dermaga Koarmatim Ujung. KRI Clurit-641 merupakan kapal perang baru, buatan dalam negeri oleh PT Palindo Marine Industry, Tanjunguncang, Batam dan resmi masuk jajaran TNI AL pada tanggal 25 April 2011. Kapal perang ini memiliki panjang 44 meter dan mampu melaju dengan kecepatan 30 knot, merupakan jenis kapal cepat rudal yang dimiliki TNI AL yang memperkuat jajaran Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar). Selanjutnya rombongan juga meninjau Alutsista dari berbagai jenis perlengkapan dan sarana TNI yang digelar di Dermaga Koarmatim.


Kemudian rombongan bergeser kearah timur untuk meninjau KRI Banjarmasin-592 yang sandar di sisi timur KRI Clurit-641. KRI Banjarmasin – 592 adalah kapal perang Republik Indonesia buatan dalam negeri yaitu PT PAL Surabaya yang diserahkan ke TNI AL pada tanggal 22 Desember 2010. KRI Banjarmasin-592 ini adalah jenis Landing Platform Dock (LPD) memiliki panjang 125 meter dan mampu menampung lima helikopter, 22 tank, 560 pasukan, dan 126 awak serta 20 truk. Kapal perang ini juga dilengkapi persenjataan untuk menunjang patroli keamanan laut.


Menteri PPN/Kepala Bappenas Prof. Dr. Armida S. Alisjahbana (empat kanan) didampingi Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono (tiga kanan), Pangarmatim Laksamana Muda TNI Bambang Suwarto (dua kiri) saat meninjau Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) yang dimilki TNI AL di Dermaga Koarmatim Ujung Surabaya, Jumat (10/6). Kunjungan tersebut untuk meninjau kesiapan dari alutsista yang dimiliki TNI-AL, memastikan dalam kondisi baik untuk mendukung keutuhan NKRI. (Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat/ss/mes/11)

Setelah mengunjungi Koarmatim, Menteri PPN/Kepala Bappenas dengan didampingi Panglima TNI, Kasal dan Pangarmatim serta pejabat teras melaksanakan kunjungan ke PT. PAL Surabaya. Acara kunjungan Menteri PPN/Kepala Bappenas ke Koarmatim diakhiri dengan ramah tamah dan makan siang bersama di gedung Lounge Majapahit Mako Koarmatim.

Sumber: Penaramatim

No comments:

Post a Comment