Friday, June 10, 2011

Batalyon Zipur I Dhira Dharma Kodam I/BB Rubah Baret Jadi Hijau

Sejumlah prajurit TNI dari Yon Zipur-1/Dhira Dharma melakukan tradisi lempar topi usai upacara peresmian perubahan baret di Medan, Sumut, Jumat (10/6). Yon Zipur-1/Dhira Dharma telah mengganti warna baret dari warna abu-abu menjadi warna hijau untuk keseragaman dalam penggunaan Seragam Angkatan Darat (Gamad) dengan tujuan menumbuhkan rasa bangga dan menanamkan rasa kecintaan terhadap satuan dalam melaksanakan tugasnya untuk bangsa dan negara. (Foto: ANTARA/Septianda Perdana/Koz/pd/11)

10 Juli 2011, Medan (EKSPOSnews): Batalyon Zeni Tempur (Zipur) I Dhira Dharma Komando Daerah Militer I Bukit Barisan merubah baret satuan dari abu-abu menjadi hijau yang merupakan ciri khas TNI Angkatan Darat.

Proses perubahan baret itu dilaksanakan dalam sebuah upacara di Mako Zipur I Dhira Dharma di Medan, Jumat 10 Juni 2011, dengan inspektur upacara Staf Ahli Kodam I Bukit Barisan Kolonel Czi Baja Bungaran.

Ketika membacakan amanat Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Leo Siegers, Kolonel Baja mengatakan, baret merupakan simbol yang dapat membanggakan prajurit terhadap satuannya.

Dengan keberadaan baret tersebut, seluruh prajurit TNI diharapkan dapat memberikan kinerja dengan hasil yang maksimal.

Karena itu, dengan perubahan baret menjadi hijau yang merupakan ciri khas TNI Angkatan Darat, prajurit Yon Zipur I Dhira Dharma juga diharapkan dapat memaksimalkan kinerjanya.

Perubahan baret itu juga dimaksudkan agar prajurit Batalyon Zipur I Dhira Dharma lebih kreatif dan inovatif dalam tugas serta mampu menampilkan sosok prajurit rakyat yang profesional dengan moralitas tinggi dan handal.

Hal itu disebabkan perubahan baret itu tidak merubah simbol Batalyon Zipur I Dhira Dharma yakni "Yudha Karya Satya Bhakti".

Komandan Batalyon Zipur I Dhira Dharma Letkol Czi Rizal Ramdani mengatakan, perubahan baret itu merupakan kebijakan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI George Toisutta untuk meningkatkan kekompakan prajurit.

Selama ini, cukup banyak warna baret di lingkungan TNI Angkatan Darat sehingga menimbulkan kesan kurangnya kekompakan di kalangan prajurit.

Perbedaan warna baret hanya berlaku untuk lima satuan yakni Kopassus (merah), Raider (hijau pekat), Kavaleri (hitam), Artileri (coklat emas), dan Polisi Militer (biru).

Sumber: EKSPOSnews

No comments:

Post a Comment