Tuesday, May 24, 2011

Kunjungan Tiga Kapal Angkatan Laut Perancis ke Jakarta

Kapal perusak Georges-Leygues.

23 Mei 2011, Jakarta (Ambafrance): Tiga kapal perang milik Angkatan Laut Perancis akan singgah di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, dari tanggal 24 s.d. 28 Mei 2011. Kunjungan tersebut akan semakin mempererat hubungan persahabatan dan kerjasama antara Angkatan Laut Perancis dan Indonesia.

Armada Angkatan Laut Perancis ini terdiri atas tiga kapal. Untuk pertama kalinya Angkatan Laut Perancis singgah di Indonesia dengan armada sebesar ini. Mistral juga merupakan kapal perang Perancis dengan bobot mati terbesar yang pernah berkunjung ke Indonesia. Bertolak dari Toulon (Bagian Tenggara Perancis), kapal tersebut mempunyai spesialisasi di bidang operasi amfibi. Kapal ini sangat cocok untuk misi bantuan kemanusian, seperti penanggulangan bencana alam. Mistral dikawal oleh kapal perusak Georges-Leygues, yang berpangkalan di Brest (bagian Barat Perancis), dan fregat Vendémiaire, yang berpangkalan di Noumea, Kaledonia Baru. Fregat Vendémiaire kerap mengadakan kunjungan ke seluruh wilayah Asia Tenggara, terutama di Indonesia. Kapal ini pernah singgah di Bali pada tahun 2010. Dari Jakarta, fregat ini akan berkunjung ke Surabaya, dari tanggal 30 Mei s.d. 2 Juni 2011.

Kapal Mistral dan Georges-Leygues mengemban tiga misi sekaligus. Keduanya melakukan sejumlah kunjungan bergengsi, ke berbagai tempat di Samudera Indonesia (misalnya, mengikuti pameran IMDEX di Singapura). Kapal-kapal tersebut juga mengangkut lebih dari seratus perwira siswa, delapan belas orang di antaranya berkebangsaan asing yang telah menyelesaikan pendidikan awal mereka. Dalam hal ini, Mistral menggantikan peran kapal Jeanne d’Arc yang termasyhur, yang kini telah dipensiunkan setelah aktif berkeliling dunia mengarungi samudera selama lima puluh tahun. Sebagai rangkaian dari misi tersebut, sejumlah kegiatan kerjasama dengan Angkatan Laut Indonesia diselenggarakan, selama kunjungan. Akhirnya, armada angkatan laut ini apabila diperlukan dapat bertolak kapan saja untuk mengemban tugas yang sifatnya lebih operasional. Sepanjang perjalanan dari Perancis, armada ini telah mengikuti berbagai operasi singkat, seperti evakuasi kemanusiaan di Tunisia dan penumpasan bajak laut di lepas pantai Somalia. Kegiatan tersebut tentunya merupakan ajang latihan bagi para perwira siswa. Dengan cara seperti ini mereka mempelajari pekerjaan yang akan menjadi santapan sehari-hari, dalam tugas mereka di kemudian hari.

Mistral, dengan bobot mati 20.000 ton dan panjang 200m yang mulai dioperasikan pada tahun 2006, merupakan salah satu produk paling mutakhir industri perkapalan Perancis. Kapal ini menjadi daya tarik yang kuat bagi ekspor dan sangat siap untuk mendukung serta mempromosikan industri pertahanan Perancis. Oleh karena itu lah pada tanggal 25 Mei siang akan diselenggarakan pameran kecil peralatan pertahanan Perancis di atas kapal Mistral bagi berbagai divisi Kementerian Pertahanan yang terkait, Angkatan Bersenjata Indonesia, maupun industri pertahanan Indonesia. Sekitar dua puluh perusahaan Perancis skala kecil, menengah maupun besar akan hadir dalam pameran ini. Beberapa di antaranya telah membuka perwakilannya di Indonesia dan menjalin kerja sama dengan industri Indonesia. Perusahaan lainnya sedang mengikuti tender, sementara yang lainnya menjajaki peluang kerjasama. Dengan demikian, pameran tersebut merupakan sarana bagi Perancis dan Indonesia untuk mengembangkan kerjasama industri strategis, yang sejalan dengan semangat deklarasi kemitraan bersama, yang pada bulan Desember 2009 telah disepakati oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Nicolas Sarkozy.

Sumber: Ambafrance

1 comment:

  1. BEYE MONTHONG GOBLOK, BELEGUG, TUR BEBEL PISAN OTAK SIAH TEH. NAHA NGADON BET NGONDANG-NGONDANG SI KADAL JADAH AMERIKA KA NAGARA URANG????????????????????????? GEUS NYAHO SIAH KER AYA KTT MENTERI-MENTERI GERAKAN NON BLOK DI BALI KIWARI IYEU. DA ETA NAGARA-NAGARA NON BLOK TEH GEUS HAYANG NGAMODARAN SI KADAL JADAH AMERIKA SERIKAT TI LEMAH CAINA SORANGAN, MANEH KALAHKA HAYU PATUYUN-TUYUNAN JEUNG SI KADAL JADAH AMERIKA SERIKAT!!!!!!!!!!!!!!!!! DA SIAH NYAHO TEU JALMA NU PINTER PIDATO TEH MANI HAYANG NYATRIKA AMERIKA TUR NGALINGGIS INGGRIS??????????????????? ETA TEH PEDAH GEUS APAL SEPAK TERJANG, TINGKAH POLA, TUR SIKAP MANEHNA NGAJAJAH BANGSA-BANGSA DI DUNIA IYEU. YEH DENGEKEUN SIAH!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! JALMA SOLEH TI IRAN NU SOK DISEBAT IMAM KHOMEINI GEUS NGAGEROAN YEN PIKEUN SISTEM EKONOMI KAPITALIS LIBERALIS SI KADAL JADAH BAKAL NGAHAKAN BANGSA-BANGSA SATATAR JAGAD DUNIA KABEH!!!!!!!!MANEH MONTHONG BELEGUG PISAN JADI PRESIDEN TEH. IMAM KHOMEINI GEUS NGABUKTOSAN YEN SI KADAL JADAH ATAWA CEK MANEHNA SOK DISEBAT SYAITANE BUZURG (IBLIS BADAG) HAYANG NGAHAKAN KASAJAHTERAAN BANGSA-BANGSA DI TATAR TIMUR TENGAH.SANAJAN TI ETA IMAM KHOMEINI NGAWANGUN SISTEM EKONOMI ISLAM BERDIKARI (DILUAR GENGGAMAN EKONOMI KAPITALIS LIBERALIS) AYEUNA IRAN GEUS SAJAHTERA TUR MAKMUR GEMAH RIPAH LOH JINAWI!!!!!!!!!!!!!!!
    DENGEKEUN NGAING SIAH MONTHONG NGONDANG-NGONDANG SI KADAL JADAH KADIEU, MUNG SIAH TEU HAYANG DICAREKAN TUR DICEKEK KU ARWAH-ARWAH BK, JENDRAL SOEDIRMAN, GAJAHMADA, TUR SAKABEH PAHLAWAN BANGSA DITATAR NUSANTARA INDONESIA IYEU.

    SRI BADUGA MAHARAJA RATU JAYADEWATA
    EMPEROR OF PADJADJARAN

    ReplyDelete