Friday, March 4, 2011

TNI dan SAF Sepakat Tingkatkan Kerjasama


4 Maret 2011, Jakarta -- (Pelita): TNI dan SAF (Singapore Armed Forces) sepakat akan terus meningkatkan hubungan kerjasama militer yang telah terbina dengan baik selama ini, demikian dikatakan Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, SE saat menerima kunjungan kehormatan Panglima AB Singapura Lieutenant General Neo Kian Hong, di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (3/3).

Sebelumnya Panglima Angkatan Bersenjata Singapura menerima jajar kehormatan di Plaza Mabes TNI, Cilangkap. Maksud kunjungan kehormatan ini selain untuk bersilaturahmi juga untuk memperkenalkan diri karena Lieutenant General Neo Kian Hong merupakan Panglima Angkatan Bersenjata Singapura yang baru.

Kerjasama yang telah dilaksanakan TNI dengan SAF tidak hanya di bidang militer, namun juga di bidang pendidikan. Dalam kerangka kerjasama militer dengan militer maupun Angkatan dengan Angkatan antara lain adalah ISJTC (Indonesia-Singapura Joint Training Committee), Safkar Indopura (Angkatan Darat), Joint Minex (Angkatan Laut), dan Elang Indopura (Angkatan Udara). Dalam waktu dekat Singapura juga terlibat dalam latihan penanggulangan bencana ARF Disaster Relief Exercise (DiREx) 2011 di Manado, Sulut.

Menurut Kadispenum Puspen TNI Kolonel Cpl Ir Minulyo Suprapto, MSc, MSi, MA; kedua Panglima Angkatan Bersenjata tersebut, merupakan alumni dari Sekolah Staf dan Komando Angkatan (Sesko Angkatan) pada tahun 1994-1995, Lieutenant General Neo Kian Hong mengikuti pendidikan di Seskoad Bandung, sedangkan Panglima TNI mengikuti pendidikan di Seskoal Jakarta.

Dalam kunjungan tersebut Panglima Angkatan Bersenjata Singapura didampingi Duta Besar Singapura Ahok Mirpuri, Commander Officer Cadet School Colonel Chua Boon Keat, Commander 2nd Infantry Brigade Colonel Wong Yu Han, Head of Naval Personel Colonel David Foo, dan beberapa staf lainnya.

Turut mendampingi Panglima TNI, Kasad Jenderal TNI George Toisutta, Kasal Laksamana TNI Soeparno, Wakasau Marsdya TNI Sukirno, Asintel Panglima TNI Mayjen TNI Tisna Komara W, SE; dan Kapuspen TNI Laksda TNI Iskandar Sitompul, SE.

Selanjutnya, Panglima AB Singapura didampingi oleh Panglima TNI beserta staf melaksanakan kunjungan ke Menteri Pertahanan (Menhan) RI dan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI di Jakarta Pusat.

Sumber: Harian Pelita

No comments:

Post a Comment