Thursday, March 3, 2011

Kapal Selam Siluman Berbahan Bakar Hidrogen

MM Tadaro-S528 kapal selam AL Italia dari kelas U-212A. (Foto: Goldenpixel)

3 Maret 2011, Eckernfoerde -- (Surya Online!): Kapal selam baru buatan Jerman U-212 A ini hampir tidak bersuara. Juga hampir tidak memancarkan radiasi panas dan sepenuhnya terbuat dari logam nonmagnetik.

Kendati canggih kapal selam ini bukan sebuah kapal selam nuklir, tetapi juga bukan kapal selam diesel. U-212 A merupakan kapal selam tercanggih di dunia karena menggunakan sel bahan bakar hidrogen yang dikembangkan oleh galangan kapal angkatan laut Jerman Howaldtswerke Deutsche Werft, yang mengklaim itu menjadi “puncak teknologi kapal selam Jerman.”

Kapal super-stealth ini adalah yang pertama dari jenisnya yang akan diaktifkan oleh sel bahan bakar hidrogen revolusioner yang memungkinkan itu pelayaran tanpa kebisingan atau knalpot panas.

Itu penting, karena menurut Bernd Arjes, seorang kapten di Angkatan Laut Jerman. ”Kami beroperasi di perairan pesisir sekitar Eropa dan kapal selam ini dirancang khusus untuk menemukan kapal selam. Jika Anda ingin menemukan kapal selam lain tentu saja anda harus tak bersuara,” katanya. Dengan teknologi terbaru, ia menambahkan, “Kapal selam ini hampir tidak terdeteksi.”

U-212 A tidak seperti kapal selam konvensional, yang perlu udara untuk membakar solar, fuel cell tidak memerlukan oksigen untuk beroperasi.
Ini berarti dapat tetap terendam selama berminggu-minggu – menahan napas berkali-kali lebih lama dari sepupu kapal selam yang menenggak solar.

Sebagai kapal selam pemukul kapal selam dipersenjatai 12 torpedo kelas berat yang dipandu, masing-masing mampu menghancurkan sebuah kapal perang atau menonaktifkan sebuah kapal induk.

“Sebuah kapal induk tidak mungkin dapat dirusak dengan satu torpedo tapi mungkin mengenai kemudi atau sesuatu kemudian kapal induk mungkin tidak bisa bermanuverdan untuk menggunakan pesawat,” kata Arjes.

Jerman, yang tidak memiliki senjata nuklir atau kapal bertenaga nuklir sendiri, adalah eksportir ketiga terbesar di dunia barang pertahanan.

Edisi Ekspor telah dijual kepada angkatan laut Yunani, Portugal dan Korea Selatan. Dengan perangkat otomat, kapal selam hanya membutuhkan sedikit kru karenanya ada sedikit kenyamanan bagi mereka di kapal. Meskipun begitu kehidupan awak kapal selam masih tetap menjadi salah satu tempat tinggal terbatas .

Sumber: Surya

4 comments:

  1. Tni al mesti beli 5 buah utk mengawal perairan nusantara!

    ReplyDelete
  2. setuju banget kalo TNI AL membeli kapal Ini sebagai Kapal Selam Indonesia dari pada beli Kilo Klass tapi ribet di Pemeliharaanya.....beli Yg Type 209 Udah ketinggalan juga

    ReplyDelete
  3. setuju banget kalo tni al beli nyang ini dari pada beli yg kilo klass ,ribet pemeliharaanya, u 209 kurang sangar.....

    ReplyDelete
  4. Professor Habiebie, haben Sie sich schämen, wie kannst du es wagen nicht Ihrer Nation eventhough denke nur für eine Sekunde!! Bitte lassen Sie sich helfen Indonesier, um ihre Fähigkeit zur Sicherung und Verteidigung ihres Landes aus anderen hegemonialen und kolonialistische Land nämlich Vereinigten Staaten von Amerika! Vergrößern! Bitte lassen Sie sich zu Adolf Hitler Land verhandeln, um unsere Nation die Fähigkeit zur Sicherung und defensing selbst zu stärken. Bitte machen es echte Professor !!!!!!

    LODAYA BUANA
    HIGHEST COMMANDER OF BALAMATI SPECIAL OPERATIONS FORCE
    PADJADJARAN IMPERIUM

    ReplyDelete