Tuesday, February 22, 2011

Kuker KASAL ke AL Brunei Darussalam, Tinjau KDB Waspada


20 Februari 2011, Brunei Darussalam -- (Kemlu): Pada tanggal 8 – 10 Februari 2011, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) RI Laksamana TNI Soeparno, didampingi oleh Asisten Operasi KASAL Laksamana Muda TNI Slamet Yulistiyono dan Asisten Pengamanan KASAL Laksamana Pertama TNI I Putu Yuli Adnyana, telah melakukan kunjungan ke Brunei Darussalam. Kunjungan tersebut merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerja ke tiga negara, yakni Thailand, Brunei Darussalam dan Filipina.

Sebagai tradisi diantara negara-negara anggota ASEAN, maksud kunjungan bagi Laksamana TNI Soeparno untuk memperkenalkan diri sebagai KASAL RI yang baru kepada mitranya KASAL Brunei Darussalam sejak dilantik Presiden RI pada bulan September 2010.

Selain untuk memperkenalkan diri, kunjungan tersebut dimanfaatkan pula untuk membahas upaya-upaya meningkatkan hubungan kerjasama pertahanan, khususnya di bidang pertahanan maritim antara TNI Angkatan Laut dan Tentera Laut Diraja Brunei (TLDB).

Selama kunjungannya di Brunei Darussalam, pada tanggal 10 Februari 2011, KASAL RI melakukan kunjungan kehormatan kepada Wakil Menteri Pertahanan Brunei Darussalam, Dato Paduka Haji Mustappa bin Haji Sirat, dan Panglima Angkatan Bersenjata Diraja Brunei (ABDB), Mayor Jenderal Dato Paduka Haji Aminuddin Ihsan bin Pehin Orang Kaya Dato Paduka Hj. Abidin, dan pada tanggal 9 Februari 2011, melakukan kunjungan kehormatan kepada Panglima TLDB (berfungsi serupa KASAL Brunei Darussalam), Kolonel Laut Haji Abdul Halim bin Haji Mohd. Hanifah.

KASAL RI dan rombongan berkesempatan juga mengunjungi Pangkalan TLDB di kota pelabuhan Muara (sekitar 35 kilometer dari ibukota Bandar Seri Begawan) dan melakukan peninjauan ke sebuah kapal perang kelas KDB (Kapal Diraja Brunei) Waspada. Pembicaraan bilateral antara KASAL kedua negara berlanjut saat keduanya retreat berjalan pagi bersama di Taman Peranginan Tasek Lama di daerah perbukitan dalam kota Bandar Seri Begawan pada tanggal 10 Februari 2011.

KASAL RI dan rombongan berkesempatan pula bertatap muka sekaligus bersantap malam dengan jajaran KBRI Bandar Seri Begawan di Wisma Duta pada tanggal 8 Februari 2011.

Kunjungan kerja KASAL RI dan rombongan berlangsung dengan baik, lancar dan sesuai rencana. KASAL RI dan rombongan melanjutkan kunjungan kerjanya ke Manila, Filipina pada malam hari tanggal 10 Februari 2011.

Sumber: Kemlu

No comments:

Post a Comment