Wednesday, December 29, 2010

Kopaska Latih 12 Anggota Den Bravo


28 Desember 2010, Surabaya -- Sekolah Komando Pasukan Katak (Sepaska) yang berada dibawah Pusat Pendidikan Khusus (Pusdiksus) Komando Pengembangan Pendidikan TNI Angkatan Laut (Kobangdikal) Surabaya mendidik 12 siswa yang berasal dari Detasemen Bravo (Den Bravo) TNI AU yang menjadi siswa sepaska Bravo 90 angkatan ke- II. Selasa (28/12).

Pasukan Khusus yang dimiliki TNI AU saat ini sedang berlatih Renang Kompas Bawah Air (RKBA) dan Snak Ettack yang digelar diperairan sekitar Dermaga Sea Rider Koarmatim Ujung Surabaya. Materi dalam latihan itu adalah menyelam menuju sasaran berupa dermaga atau kapal perang lawan yang akan dihancurkan dengan membawa bahan peledak.

Dalam gladi kali ini para siswa masih diberikan pengenalan dan praktek menggunakan alat selam open yaitu menggunakan tabung oksigen dengan berbagai kelengkapannya seperti fins, masker dan snorkel.

Setelah tahapan-tahapan tersebut dilalui mereka akan dibekali kemampuan menyelam dengan menggunakan alat selam closed dan semi closed. Kemampuan menyelam dengan menggunakan alat selam closed merupakan bekal bagi setiap pasukan khusus yang akan menguasai peperangan aspek laut dan Combat Swimmer atau selam tempur bawah air guna melakukan operasi sabotase dari bawah air terhadap obyek-obyek vital yang dimiliki lawan.

Bersamaan dengan siswa Bravo Sepaska TNI AL juga mendidik 19 siswa Dik Paska TNI AL angkatan 34 yang terdiri dari Perwira Bintara dan Tamtama yang berasal dari satker dan unsur TNI AL seluruh Indonesia. Bagi siswa dari TNI AL lama pendidikan 10 bulan sedangkan untuk siswa Bravo TNI AU selama Tiga setengah bulan.

Instruktur atau pelatih bagi siswa sepaska adalah anggota Pusdiksus sepaska dan anggota Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmatim yang berada di Bawah Komando Operasi (BKO) sepaska Kobangdikal.

Sedangkan tempat latihan peraktek banyak dilakukan di daerah basis Koarmatim dan sekitarnya serta Mako Satkopaska itu sendiri. Pendidikan kedua pasukan khusus TNI tersebut dimaksudkan bertukar ilmu dibidangnya masing-masing. Kerjasama strategis yang dilakukan, dalam hal ini Satkopaska berlatih penerjunan Free Fall dan terjun tempur (Junpur) dari Bravo TNI AU, sedangkan Bravo sendiri berlatih Combat Swimmer dari Satkopaska.

Dispenarmatim

1 comment: