Thursday, August 12, 2010

Latma Rajawali Ausindo Digelar di Darwin

11 Agustus 2010, Jakarta -- TNI Angkatan Udara bersama dengan Royal Australia Air Force (RAAF) kembali mengadakan Latihan Udara Bersama (Latma) dengan sandi “Rajawali Ausindo 2010” yang digelar di Darwin Airbase, Australia selama lima hari hingga 13 Agustus ini.

Rajawali Ausindo merupakan latihan bersama antara TNI AU dengan RAAF dalam bidang operasi udara bersama dengan menggunakan pesawat angkut jenis C-130 Hercules. Latihan ini merupakan uji ketangkasan awak pesawat mulai dari penerbang, navigator, loadmaster dan RTU dan flight engineer dalam taktik dan teknik penerjunan barang/Cargo Drop melalui Container Delivery System (CDS), Helly Box (HB) dan Low Level Free Corgo Drop (LLFCD). Sedangkan dropping zone yang digunakan adalah Delamere Area Weapon Range (AWR) yang terletak di selatan Tindall Airbase Australia.

Dalam latihan ini TNI AU melibatkan satu pesawat C-130 Hercules A-1305 dari Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang dengan 23 personel, terdiri dari enam belas awak pesawat dan tujuh Kolat yang dipimpin oleh Paban III/Lat Sopsau Kolonel Pnb. Emir Pandji Dermawan.

Latma Rajawali Ausindo 2010 dibuka di Truscott Building Darwin Airbase dengan Irup Group Captain (GPCAPT) Richard Lennon sebagai Exercise Director Latma Rajawali Ausindo 2010 didampingi oleh Danwing 2 Lanud Abdulrachman Saleh Kolonel Pnb. Eko Dono Indarto.

Hadir pada Latma tersebut Atase Pertahanan RI di Canberra Marsma TNI Modjo Basuki dan Atase Udara Australia di Indonesia GPCAPT Nick Bricknell.

Dispenau/Pos Kota

No comments:

Post a Comment