Tuesday, April 21, 2009

Israel Akan Borong Pencegat Roket dari AS


21 April 2009, Jerusalem -- Israel ingin membeli sistem pencegat roket dari Amerika Serikat untuk melindungi serangan para gerilyawan dari Jalur Gaza. Demikian diungkapkan Menteri Pertahanan Ehud Barak dalam wawancara yang diterbitkan, Selasa (21/4).

"Kanon-kanon Vulcan-Phalanx dan radar akan menjadi bagian dari pertahanan berlapis untuk mencegat roket-roket," kata Barak kepada surat kabar Haaretz. "Pertahanan semacam ini, sejauh yang saya ketahui adalah suatu tujuan strategis," ujarnya.

Sistem itu terdiri atas radar Phalanx untuk target roket-roket dan senjata Vulcan Gatling 20 milimeter untuk menembak jatuh mereka. Setiap komponen seharga 25 juta dollar. Komponen senjata ini telah digunakan oleh kapal-kapal Angkatan Laut AS dan Israel.

Permintaan sebelumnya dilakukan oleh Israel untuk membeli Vulcan-Phalanx yang telah dikesampingkan oleh pihak perusahaan pertahanan AS. Senjata jenis ini telah digunakan dengan sukses di Irak dan Afganistan.

Dalam rencananya berkunjung ke AS pada Juni depan, Barak akan meminta Menteri Pertahanan AS Robert Gates agar menempatkan Israel pada daftar teratas untuk sistem pertahanan tersebut. Dia berharap ada jaminan sedikitnya satu sistem pertahanan bisa dibuat untuknya pada musim dingin mendatang.

Para gerilyawan di Jalur Gaza, yang dikuasai oleh gerakan Hamas sejak Juni 2007, sering menembakkan roket-roket dan mortir-mortirnya ke wilayah Israel. Sebagian besar senjata buatan yang dinamakan ’Qassam’ itu kurang akurat, dan hanya berjarak tembak sampai 12 kilometer.
(KOMPAS)

No comments:

Post a Comment