Saturday, May 31, 2014

KRI Frans Kaisiepo–368 dan HS Nikiforos-P 267 Gelar Latihan Miscex 805

(Foto: Dispenarmatim)

30 Mei 2014, Surabaya: Ketiga kalinya, KRI Frans Kaisiepo (FKO) – 368 yang tergabung dalam Maritime Task Force (MTF) UNIFIL 2014, melaksanakan Miscellaneous Exercise (Miscex) 805, Mail Bag Transfer. Kali ini latihan dilaksanakan bersama kapal perang Yunani, HS Nikiforos-P267 di Area of Maritime Operations (AMO) Zona 1 Selatan Laut Mediterania, Lebanon, Rabu, (28/05).

Miscex 805 secara teori merupakan latihan Replenishment at Sea (general) dengan tujuan untuk melatih kapal perang dalam melaksanakan bekal ulang di laut dari suatu kapal bantu, melatih personil dalam menyiapkan dan mengoperasikan peralatan pembekalan di laut, melatih para perwira pelaut dalam pengendalian kapal peralatan (ship handling), dan untuk menjadi bahan evaluasi dalam menilai kesiapan operasi pembekalan di laut bagi personel kapal penerima maupun kapal pemberi dalam hal transfer material.

Pada Miscex 805 ini, secara bersamaan KRI FKO – 368 melaksanakan operasi penerbangan helly untuk melaksanakan Intelligence Surveillance Reconnaissance (ISR) dari udara sekaligus pengambilan dokumentasi latihan. Dengan diawaki oleh Pilot Kapten Laut (P) Dani Widjanarka dan di damping Co-Pilot Lettu Laut (P) Haryanto, GARUDA (Call Sign untuk BO-105 NV-409), melaksanakan pengamatan udara di jalur pembekalan untuk meyakinkan keadaan laut aman dari bahaya navigasi kapal umum lainnya.

HS Nikiphoros (P 267) memasuki pelabuhan Valletta Grand, Malta pada 13 Juni 2004. HS Nikiphoros (P 267) salah satu dari empat kapal patroli kelas Osprey HSY-56A produksi galangan kapal Hellenic Shipyard (HSY), mulai dioperasikan Angkatan Laut Yunani 30 Maret 2004. (Foto: shipspotting.com/Stephen J. Borg)

KRI FKO – 368 berperan sebagai kapal pemberi material dan HS Nikiforos-P 267 sebagai kapal penerima material. KRI FKO – 368 mempertahankan kecepatan dan haluan, sedangkan HS Nikiforos-P 267 melakukan pendekatan dari buritan lambung kiri KRI FKO – 368 dengan kecepatan tinggi sampai dengan haluannya sejajar dengan kapal pemberi dengan jarak melintang kurang lebih 40 yards. Dengan sigap para personel peran pembekalan di laut melaksanakan kegiatan sesuai tugas dan fungsinya. Pemberi isyarat baik marshailler maupun operator komunikasi mengirimkan signal gerakan tangan dan bendera sesuai prosedur yang berlaku dalam pelaksanaan pembekalan di laut.

Setelah masing – masing kapal selesai bergantian mengirimkan material, HS Nikiforos- P 267 segera melepas tali – tali yang digunakan untuk transfer, dan selanjutnya menambah kecepatan meninggalkan stasiun pembekalan menuju sektor patrolinya didahului penghormatan antar kapal. Melalaui jaring koordinasi anjungan masing – masing kapal mengucapkan terima kasih atas latihan yang dilaksanakan sehingga dapat terlaksana dengan baik, lancar, dan aman.

Sumber: Dispenarmatim/Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Abdul Kadir

No comments:

Post a Comment