Friday, April 19, 2013

India Tawarkan Produksi Bersama dan Alih Teknologi Alutsista



18 April 2013, Jakarta: Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin, Rabu (17/4), menerima kunjungan Duta Besar India untuk Indonesia HE Gurjit Singh di Kantor Kemhan, Jakarta. Kedatangannya menemui Wamenhan ini adalah untuk membicarakan kemajuan hubungan kerjasama pertahanan antara kedua negara dan upaya untuk meningkatkannya, hal ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Menhan India menemui Menhan RI pada Oktober tahun lalu.

Wamenhan dalam pertemuan ini menjelaskan, dalam rangka peningkatan kerjasama pertahanan kedua negara Indonesia ingin melakukan transfer teknologi dengan industri pertahanan India karena saat ini industri pertahanan India telah sampai pada taraf advance. Sedangkan dalam hal kerjasama militer, Wamenhan berharap kedua negara dapat bekerjasama dalam bidang peningkatan capacity building personelnya.

Dalam pertemuan ini Dubes India untuk Indonesia juga, menyatakan bahwa dalam upaya peningkatan kerjasama pertahanan kedua negara, India menyadari saat ini Indonesia sedang berupaya meningkatkan kemampuan alutsista dan industri pertahanan dalam negerinya. Karena itu India menawarkan joint production dan alih teknologi dari beberapa alutsista yang diproduksinya.

Selain itu. disadari pentingnya kerjasama dalam pengamanan perdagangan di perairan yang sangat penting saat ini, dirinya juga menyambut baik rencana diadakannya pembicaraan trilateral antara Indonesia, Australia dan India mengenai Samudra India.

Sumber: DMC

4 comments:

  1. jangan sekali-kali melepas peluang yg di tawarkan negara sahabat untuk bekerja sama di bidang industri pertahanan karena ini kesempatan bagi indonesia untuk memperoleh ilmu yg lebih banyak tentang cara pembuatan alitsista canggih dan berkelas di samping itu juga akan dapat mempercepat kemandirian bangsa di bidang peralatan dan teknologi militer.
    di samping itu juga akan lebih mempererat tali persahabatan dengan negara yg menawarkan bantuan kerja sama

    ReplyDelete
  2. saya berharap di kemudian hari indonesia mau melirik iran sebagai negara yg telah berhasil melakukan swasembada di bidang industri pertahanan dan mengajaknya untuk bekerja sama

    ReplyDelete
  3. Kalau dapat TOT Brahmoss boleh juga nih. Aamiiin

    ReplyDelete
  4. orang India paling sulit dipegang komitmennya suka seenaknya sendiri , kl bisa Indonesia jgn berhubungan dgn India, mrk manis didepan doang

    ReplyDelete