Wednesday, April 17, 2013

Panglima TNI Buka Latgab TNI 2013



16 April 2013, Jakarta: Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, SE menjadi Inspektur Upacara, dan sebagai Komandan Upacara adalah Pangkostrad Letjen TNI M. Munir sebagai Pangkogab pada pembukaan Latihan Gabungan (Latgab) TNI tingkat Divisi tahun 2013 diLanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Senin (15/4/2013).

Latgab TNI Tingkat Divisi Tahun 2013 mengambil tema "Latihan Gabungan TNI Tahun 2013 adalah Komando Gabungan TNI melaksanakan kampanye militer di wilayah Kalimantan Timur dan Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam rangka menegakkan kedaulatan serta keutuhan NKRI".

"Ini merupakan latihan puncak yang dilaksanakan TNI sebagai tindak lanjut dari latihan secara terencana, terpadu, bertingkat dan berlanjut masing-masing matra serta latihan TNI tingkat Brigade yang telah dilaksanakan tahun 2012.

Panglima TNI juga menjelaskan, selain untuk meningkatkan profesionalisme prajurit TNI, dalam melaksanakan opersai militer gabungan, juga untuk meningkatkan dan menguji kemampuan prajurit dan satuan TNI.

"Latihan ini juga sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban TNI terhadap rakyat dan bangsa Indonesia, " tegas Panglima.

Panglima TNI juga menyampaikan materi latihan mengunakan metode latihan posko yang dilaksanakan di Mako Divisi Infanteri 1 Kostrad Cilodong mulai tanggal 9-19 April 2013. Dan latihan lapangan di wilayah Kaltim dan NTB dari tanggal 6-29 Mei.

"Latgab TNI Tingkat Divisi ini sekaligus sebagai kampaye militer yang didalamnya operasi dukungan udara/pengintaian udara, operasi intelijien taktis, operasi pasukan khusus, Operasi dukungan udara, Perebutan Pengendalian Pangkalan Udara (OP3U), operasi laut gabungan, operasi amfibi, operasi lintas udara, operasi, teritorial dan operasi darat gabungan, " beber Panglima TNI.

Latgab TNI berlangsung mulai hari ini, Senin 15 April sampai dengan 29 Mei 2013. Personel yang terlibat dalam Latgab TNI 2013 berjumlah 16.745 prajurIt, dan mengerahkan semua peralatan tempur.

Turut hadir pada acara pembukaan Latgab diantaranya Kasau Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia, Kasal Laksamana TNI Marsetyo, Wakasad Letjen TNI Moeldoko yang mengantikan Kasad Jenderal TNI Pramono Edhie yang barhalangan hadir, serta pejabat teras Mabes TNI.

Sumber: TNI AD

No comments:

Post a Comment

Post a Comment