Tuesday, July 3, 2012

Parlemen Belum Mengetahui Alasan Pembelian Leopard dari Jerman


3 Juli 2012, Senayan: Pemerintah Indonesia akhirnya memutuskan akan membeli 100 unit tank Leopard langsung dari Jerman. Pemerintah membatalkan rencana pembelian Leopard bekas dari Belanda. Rencananya, pada Oktober mendatang 15 unit tank tersebut akan tiba di Indonesia.

Namun, hingga kini kalangan dewan mengaku belum tahu alasan di balik keputusan pemerintah ini. "Saya sampai saat ini belum tahu kelanjutan rencana pembelian tank Leopard langsung dari Jerman tersebut," kata Wakil Ketua Komisi I DPR RI Tubagus Hasanuddin di sela menghadiri sidang Paripurna DPR, Selasa (3/7).

Hasanuddin berharap Kemenhan segera menyampaikan penjelasan tentang keputusan tersebut ke DPR. Sebab, hingga kini Komisi I DPR belum memutuskan persetujuan terhadap Kemenhan itu. Umumnya anggota Komisi butuh penjelasan tentang pertimbangan yang digunakan pemerintah dalam pengambilan keputusan tersebut. Komisi I juga perlu diberi laporan tentang spesifikasi tank yang dibeli.

Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin dalam jumpa pers, Senin (2/6) kemarin menjelaskan bahwa Pemerintah Indonesia memutuskan untuk membeli 100 unit tank tempur utama Leopard dari Jerman. Keputusan ini diambil setelah Belanda menyatakan tidak bisa memberikan kepastian yang sesuai dengan waktu yang ditetapkan oleh Indonesia.

Keputusan membeli tank itu langsung dari pabrikannya di Jerman, ujar Sjafrie, dengan pertimbangan bahwa Jerman dapat memberikan Indonesia kepastian waktu dan kepastian target dari volume peralatan militer yang diperlukan untuk modernasi alutsista dan rencana strategis Indonesia 2010-2014.

Sjafrie mengatakan, alokasi anggaran yang diperlukan untuk membeli peralatan militer tank tempur utama atau Main Battle Tank (MBT) itu adalah 280 juta dollar AS dari alokasi pinjaman luar negeri, yang prosesnya akan diselaraskan di Bappenas maupun Kementerian Keuangan.

Sumber: Jurnal Parlemen

6 comments:

  1. Klo soal alutsista pak hasanudin pasti sibuk. biarin aja pak yg penting negara kita kuat..

    ReplyDelete
  2. mmg, TB ni slalu mbulet pikirane dewe...nasioanlismenya dimana selalu menghambat kemajuan alutsista TNI....

    ReplyDelete
  3. memang betul apa yg dikhawatikan oleh pihak Kemenhan bahwa faktor utama yg jadi penghalang ada di parlemen yg koplak smua...selalu menghambat dengan mekanisme tidak melhat tingkat kesiapan alutsista yang ada, apalagi si TB yg seolh dia aja yg paling pinter di komisi itu....mbuletisasi

    ReplyDelete
  4. yaaa gitu dehhh gak akan jadi deh beli LEOPARD

    ReplyDelete
  5. ("Saya sampai saat ini belum tahu kelanjutan rencana pembelian tank Leopard langsung dari Jerman tersebut," kata Wakil Ketua Komisi I DPR RI ) Kagak penting untuk tau tuh waketu k1 kepentinganya sudah bukan untuk rakyat indonesia tapi untuk partai.

    ReplyDelete
  6. Wakil Ketua Komisi I DPR RI Tubagus Hasanuddin sebenarnya calo tank rusia atau senjata rusia, jelas tidak ada niat dan itikad baik didalam membangun pertahanan Indonesia. Ini dapat dilihat Tubagus Hasanuddin menentang dan mempersulit pembelian tank Leopard dari Jerman, tetapi disisi satu menyuruh pemerintah membeli tank T90 rusia. Apa itu bukan calo senjata namanya? Maling teriak maling.

    ReplyDelete