Wednesday, July 11, 2012

Hatta Rajasa; Indonesia Harus Mandiri dalam Alutsista

Leopard 2 milik Bundeswehr. (Foto: Bundeswehr/Winkler)

11 Juli 2012, Jakarta: Indonesia perlu mengambil langkah untuk menjamin kemandirian industri nasional dalam menyediakan alutsista. Hal itu diungkapkan Menko Perekonomian Hatta Rajasa menjawab pertanyaan wartawan seputar pembelian 100 tank Leopard dari Jerman sebagai ganti pembelian tank serupa dari Belanda yang tidak jadi. "Sesuai dengan instruksi Presiden, strategi kami adalah semua yang bisa dibuat di Indonesia harus dibuat di Indonesia kecuali yang tidak bisa," katanya di Jakarta, Rabu (11/07).

Menurutnya dari komponen yang tidak bisa itu, dibolehkan untuk membuatnya di negara produsen dengan catatan ada perjanjian transfer teknologi dengan perusahaan dalam negeri.

Namun Hatta menjelaskan, pembicaraan teknis mengenai hal itu dilakukan oleh pihak yang terkait. "Saat ini saya kira Presiden tidak akan bicara mengenai hal itu," katanya merujuk kunjungan resmi Kanselir Jerman, Angela Merkel, yang sedang berlangsung saat ini.

Sumber: Jurnas

1 comment:

  1. Setuju banget pak menteri, kita harus memberdayakan industri pertahanan dalam negeri, peralatan yg blm bisa diproduksi oleh industri kita ya mau ngga mau harus beli dari luar dg catatan harus ada ToT dari negara produsen dan yg tidak kalah penting adalah tidak ada embel-embel persyaratan khusus yg dapat mengakibatkan terusiknya kedaulatan NKRI.

    ReplyDelete