Saturday, March 10, 2012

KSAL: Profesionalisme Harga Mati

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Soeparno (kanan) melakukan inspeksi pasukan ketika upacara serah terima jabatan di Dermaga Koarmatim, Ujung, Surabaya, Jatim (9/3). Dalam upacara sertijab tersebut jabatan Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) dari Laksamana Muda TNI Ade Supandi diserah terimakan kepada Laksamana Muda TNI Agung Pramono, dan jabatan Pangkolinlamil dari Laksamana Muda TNI Agung Pramono diserah terimakan kepada Laksamana Pertama TNI Sri Mohamad Darojatim. (Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat/pd/12)

10 Maret 2012, Surabaya: Laksamana Muda( Laksda) TNI Agung Pramono pun resmi menjabat sebagai Panglima Koarmatim setelah menerima tongkat komando dari Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Soeparno untuk menggantikan Laksda TNI Ade Supandi. KSAL Laksamana TNI Soeparno mengatakan, sertijab di lingkungan TNI AL pada hakikatnya merupakan wujud dari tuntutan dinamika organisasi bagi kesinambungan kepemimpinan dalam melaksanakan pembinaan personel.

”Koarmatim dan Kolinlamil memiliki peran yang sangat strategis dalam mendukung tugas-tugas operasional TNI AL, termasuk kesiapan tempur untuk pertahanan negara di laut,” katanya. Soeparno menambahkan, di tengah tuntutan tugas dan tantangan yang semakin kompleks, personel TNI AL harus terus meningkatkan profesionalisme dan kesiapannya agar mampu menjalankan tugas dengan baik. Selain itu,TNI AL juga secara bertahap melakukan pengadaan alat utama sistem persenjataan (Alutsista) yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing matra, yakni laut,darat dan udara.

”Tugas dan Tanggungjawab Panglima Koarmatim memang cukup berat, mengingat wilayahnya yang cukup luas. Tetapi kami yakin,dengan profesionalisme dan kekuatan alustista yang ada, tugas berat itu bisa dilaksanakan dengan baik,” katanya. Pada kesempatan itu Soeparno juga menyatakan akan terus menambah kekuatan alutsista yang ada, khususnya untuk kapal-kapal perang. ”TNI AL minimal punya 151 armada kapal perang untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan ini tengah kita penuhi. Saat ini kami juga sudah bekerja sama dengan Korea Selatan dalam pembuatan Kapal Selam baru. Tahun 2015 nanti akan dikirim ke sini,”katanya.

Sementara itu kemeriahan juga tampak pada acara sertijab Pangarmatim dan Pangkolinlamil kemarin. Sejumlah atraksi kesenian dan ketangkasan beladiri diperagakan oleh prajurit TNI AL, sebelum akhirnya diakhiri defile pasukan dari berbagai unsur kesatuan.

Sumber: SINDO

No comments:

Post a Comment

Post a Comment