Friday, May 6, 2011

Komando Pasukan Khusus TNI Tingkatkan Sinergi

(Foto: Getty Images)

6 Mei 2011, Jakarta (Suara Karya): Komando pasukan khusus TNI Angkatan Laut dan komando pasukan khusus TNI Angkatan Darat, sepakat untuk memantapkan sinergi, agar mampu melaksanakan tugas pokok menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan lebih utuh dan kuat.

"Pertemuan ini untuk memantapkan kerja sama antara komando pasukan khusus TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Darat, yang selama ini sudah berjalan baik," kata juru bicara TNI Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI Tri Prasodjo, usai menghadiri pertemuan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Soeparno dan Komandan Jenderal (Danjen) Komando Pasukan Khusus TNI Angkatan Darat (Kopassus) Mayjen TNI Lodewijk F Paulus di Jakarta, Kamis (5/5).

Laksamana Tri Prasodjo mengatakan, beragam ancaman yang terjadi saat ini memiliki kekuatan tri matra, darat laut dan udara. Karena itu, TNI juga harus menghadapinya dengan kekuatan penuh yang saling bersinergi dan terintegrasi dengan baik, yakni melalui kerja sama antarsatuan khusus masing-masing angkatan yakni TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara.

"Tanpa ada sinergi yang baik dan utuh antarsatuan khusus masing-masing angkatan maka beragam ancaman yang ada akan sulit untuk diatasi secara maksimal," kata Tri seperti dikutip Antara.

Dia mencontohkan, pembebasan kapal "Sinar Kudus" yang dibajak oleh perompak Somalia, yang melibatkan Komando Pasukan Katak (TNI Angkatan Laut), Kopassus dan Kostrad. "Kerja sama dan sinergi antarsatuan khusus di masing-masing sangat perlu untuk ditingkatkan sesuai dengan pola dan tingkat ancaman yang beragam," kata Tri menambahkan.

Latihan gabungan antarsatuan khusus dari ketiga angkatan rutin dilakukan untuk meningkatkan koordinasi, kerja sama sehingga terwujud satu kekuatan yang utuh dalam menghadapi beragam tingkat dan pola ancaman yang ada.

Sumber: Suara Karya

No comments:

Post a Comment

Post a Comment