Saturday, October 10, 2009

Pasukan Spanyol Dapat Pembekalan TNI


9 Oktober 2009, Lebanon -- Indonesian Battalion (Indobatt) atau Satgas Yonif Mekanis TNI Kontingen Garuda XXIII-C/Unifil kembali memberikan pembekalan kepada para perwira Angkatan Darat Spanyol yang akan bertugas di Lebanon atau bergabung dengan Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon) dua bulan ke depan, di Markas Batalyon Indonesia, Adshit al Qusayr UN POSN 7-1.

Perwira Penerangan Satgas Konga XXIII-C/UNIFIL, Letkol Arh Hari Mulyanto, mengatakan hal ini merupakan tradisi dari Kontingen Spanyol yang selalu mengirimkan pewiranya terlebih dulu untuk melaksanakan peninjauan daerah operasi yang akan menjadi tanggung jawabnya kelak di kemudian hari.

Rombongan yang berjumlah sekitar dua puluh lima personel tersebut dipimpin oleh Letnan Kolonel Vicente Lunar Bravo (Senior Next Spanish Contingent Staff), diterima oleh Komandan Satgas Letkol Inf. R. Haryono dan Wadansatgas Letkol Mar. Suherlan serta segenap perwira staf Indobatt.

Kasiops Satgas Mayor Psk Sumarsono memberikan penjelasan tentang kondisi terkini yang sedang terjadi di wilayah operasi Indobatt yang meliputi tugas dan tangung jawab, kegiatan yang dilaksanakan, kekuatan personel satgas serta kondisi kewilayahan yang menjadi tanggung jawab satgas yang meliputi 13 desa dengan luas 80 km2 sepanjang 11 km blue line (batas operasi Unifil).

Selesai menerima paparan, rombongan bergerak ke lapangan untuk meninjau batas operasi Unifil yang berada di UN POSN 8-33 Syeikh Abbad Tomb, yang merupakan home base Kompi Bravo Indobatt.

Di lokasi ini, Kapten inf. Totok Prio Kismanto selaku Komandan Kompi Bravo memberikan penjelasan seputar daerah operasi yang langsung berbatasan dengan Israel.

Sebelumnya, Brigadir Jenderal Casimiro Sanjuan Martinez juga berkunjung ke Indobatt untuk mendapatkan masukan seputar kondisi terakhir daerah operasi Unifil yang menjadi tanggung jawab Indobatt. Brigjen Sanjuan adalah merupakan perwira tinggi Angkatan Darat Spanyol yang akan diplot sebagai Komandan Sektor Timur Unifil, menggantikan Brigjen Espejo Garcia, yang akan berakhir masa tugasnya pada pertengahan Desember mendatang.

Sanjuan bukanlah personel baru di lingkungan Unifil, sebelumnya dia pernah bertugas sebagai staf Mabes Unifil, Naquora pada saat berpangkat kolonel, dan juga sebagai Komandan Sektor Timur Unifil tahun 2007. Kondisi seperti ini tidak mengherankan bila terjadi pada personel militer Spanyol, yang sedang bertugas di Lebanon, dikarenakan kontingen Spanyol melakukan rotasi pasukannya yang bertugas pada misi Unifil setiap 4 bulan sekali.

Selama berada di Indobatt Jenderal Sanjuan yang didampingi oleh dua orang stafnya mengatakan bahwa selama ini Indobatt telah melaksanakan kerja sama yang baik dengan Brigade Spanyol. Dia juga sudah mengenal beberapa perwira Indonesia yang bernah bertugas pada tahun 2007, salah satunya adalah Kolonel Inf Surawahadi yang merupakan Komandan Satgas Konga XXIII-A/Unifil.

Puspen/POS KOTA

No comments:

Post a Comment