Thursday, April 30, 2009

Kohanudnas Gelar Operasi Ambalat


30 April 2009, Balikpapan -- Kohanudnas menggelar Operasi Ambalat dengan sandi ‘Tameng Petir’ di tarakan. Operasi ini diikuti oleh 150 personil baik dari Lanud Balikpapan, Satuan radar 225 Tarakan, maupun awak pesawat dari Skadron Udara 32, Skadron Udara 31, Skadron Udara 8 dan skadron Udara.

Pada kesempatan Gelar Operasi tersebut, Pangkohanudnas marsda TNI Drajat Raharjo, SIP membuka sekaligus memimpin doa bersama di Gedung Terminal Bandara Juwata Tarakan diikuti oleh seluruh awak pesawat dan pendukung, Kepala Bandara Juwata Tarakan, Danlanud Balikpapan, Dansatrad 225 Tarakan serta dihadiri pula Walikota Tarakan beserta unsur Muspida dan pejabat lainnya.

Pada kesempatan tersebut, beliau mengajak segenap komponen bangsa untuk ikut peduli dalam menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Melalui operasi ini, diharapkan tidak ada lagi pelanggaran yang dilakukan Negara tertentu khususnya pelanggaran batas wilayah udara.

Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional juga turut memantau pelaksanaan Operasi secara langsung diatas perairan Ambalat menggunakan pesawat Hawk-100/200 pada penerbangan pertamanya.

Bandara Juwata Tarakan baru pertama kali didarati pesawat tempur TNI AU sejak diperpanjang menjadi 2250 meter, hal tersebut dikatakan Kabandara Juwata Tarakan Bapak Husni Djau, lebih jauh beliau mengatakan kesiapannya mendukung kelancaran Operasi Ambalat sepenuhnya karena semuanya ini bertujuan meningkatkan stabilitas keamanan khususnya di wilayah Kalimantan timur serta menjaga kedaulatan NKRI.
(TNI AU)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment