Friday, September 21, 2012

TNI Bangun Batalyon Kaveleri Tank di Kalimantan Barat

(Foto: Pendam XII/Tpr)

21 September 2012, Kubu Raya: Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letjen TNI Budiman dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Kodam XII/Tpr meninjau lahan tanah yang akan didirikan Batalyon Kaveleri Tank di Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya Kalbar. Lokasi ini mempunyai jarak kurang lebih 17,7 KM dari Makodam XII/Tpr dan luas tanah ini lebih kurang 110 Ha.

Dalam peninjauannya, Wakasad mempertimbangkan kondisi tanah di lokasi yang kurang cocok untuk Alutsista Kaveleri Tank, tanah tersebut bila musim hujan datang akan menjadi kendala utama bagi Batalyon Kaveleri. Pertimbangan selanjutnya untuk kehidupan para keluarga prajuritnya, karena daerah tersebut masih jauh dari fasilitas pendidikan bagi anak-anak. Maka dengan beberapa pertimbangan tersebut Wakasad beserta rombongan meninjau ke tempat lahan alternatife lainnya, yang berlokasi di Sungai Burung Peniti, Kecamatan Jungkat Kabupaten Pontianak.

Lahan tanah lokasi ini menurutnya sangat cocok untuk Batalyon Kaveleri, karena kondisi tanahnya cukup memadai untuk alutsista Yonkav Tank, dan juga untuk fasilitas pendidikan cukup memadai juga. Sehingga diambil keputusan secara lisan, Wakasad menetapkan untuk lahan Yonkav Tank yang akan dibangun berada di Sungai Burung Peniti Kecamatan Jungkat Kabupaten Pontianak.

Dalam peninjauannya, Wakasad didampingi oleh beberapa para stafnya antara lain Asrena Kasad Mayjen TNI Dicky W Usman, S.IP., M.SI, Waaslog Kasad Brigjen TNI Bayu Purwiyono, Danpussenkav Kodiklat TNI AD Brigadir Jenderal TNI Purwadi Mukson, S. Ip. dan Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Ridwan serta beberapa Asisten Kasdam XII/Tpr.

Sumber: Pendam XII/Tpr

No comments:

Post a Comment

Post a Comment