Thursday, June 7, 2012

Danguspurlatim Tutup Latma Carat 2012


7 Juni 2012, Surabaya: Komandan Gugus Tempur Laut Wilayah Timur (Guspurlatim) Laksamana Pertama TNI Ari Soedewo SE menutup secara resmi pelaksanaan Latihan Bersama (Latma) Cooperation Afloat Readiness and Training (Carat) tahun 2012 antara TNI Angkatan laut dengan US Navy, Kamis (7/6) bertempat di Gedung Pusat Latihan Kapal Perang (Puslat Kaprang) Kolatarmatim, Ujung, Surabaya.

Latihan yang digelar selama 10 hari itu telah berakhir hari ini. Seluruh program latihan berjalan sesuai dengan rencana dan berjalan lancar. Dengan berakhirnya latihan bersama ini, kapal-kapal perang Amerika yang bersandar di Dermaga Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya segera tolak meninggalkan kota Surabaya untuk kembali ke PangkalaNnya di Armada VII Pasifik.

Dalam Latma Carat 2012 kali ini, TNI Angkatan laut menerjunkan 3 Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), 1 pesawat udara Cassa, 1 heli Bell, 4 buah tank BTR-50, 1 Batalyon Marinir, Lantamal V, Dislambair, Satkopaska Koarmatim, Kadet AAL dan siswa PWO Kobangdikal.

Sedangkan dari U.S Navy melibatkan USS Germantown (LSD-42), USSVanegrift (FFG-48), USCG Waesche, USNS Safeguard, 200 personel United States Marine Corps (USMC) dan USN Seabees.

Upacara penutupan ini juga dihadiri Rear Admiral Tom Carney adalah seorang Commander Logistics Group Western Pacific (CLWP). Juga turut hadir, Komandan Pasmar 1 Brigjen Marinir Tommy B.N, Wagub AAL Laksma TNI Taufikhurahman, para Komandan Satuan Kapal Koarmatim dan para undangan lainya.

Sumber: Dispenarmatim

No comments:

Post a Comment