Thursday, February 23, 2012

KRI Sultan Iskandar Muda–367 dan BNS Madhumati (P-911) Gelar Boarding Exercise


23 Februari 2012, Lebanon: KRI Sultan Iskandar Muda–367 melaksanakan latihan Boarding Exercise (Boardex) dengan kapal perang Bangladesh BNS Madhumati (P-911). Serial latihan ini merupakan yang ketiga kalinya bagi KRI Sultan Iskandar Muda–367.

Boardex adalah latihan pemeriksaan dan penggeledahan di laut yang dilakukan oleh unsur MTF terhadap kapal-kapal yang termasuk dalam daftar mencurigakan (suspect),dimana pemeriksaan dan penggeledahan ini dilaksanakan secara kooperatif.

Pada latihan kali ini KRI Sultan Iskandar Muda–367 disimulasikan sebagai kapal yang diperiksamemberikan data-data yang sesuai dengan expected list yang dimiliki oleh unsur MTF sehingga menuntut untuk dilaksanakan pemeriksaan.

Pelaksanaan latihan diawali dengan prosedur hailing dimana BNS Madhumati(P-911) selaku unsur MTF di AMO memperoleh data yang mencurigakan terhadap kapal suspect kemudian menurunkan 1 tim boarding party dan 1 RHIB (Rigid Hull Inflatable Boat) lengkap dengan senjata ringan dan alat deteksi untuk melaksanakan pemeriksaan terhadap ABK, muatan maupun dokumen kapal suspect. Latihan dinyatakan selesai setelah Tim Boardex BNS Madhumati (P-911) menemukan simulasi barang terlarang berupa serbuk yang diduga sebagai barang narkotika.

Selesai latihan Dansatgas Maritim TNI Konga XXVIII-C/UNIFIL Letkol Laut (P) Agus Hariadi mengucapkan selamat kepada Dan Tim Boardex BNS Madhumati (P-911)karena latihan ini berjalan baik, aman dan lancar sesuai dengan Standard Operation Procedure (SOP).

KRI Sultan Iskandar Muda–367 Lakukan Advanced Manuevring Exercise


MISCEX 831 Advanced Manuevring Exercise adalah serial yang bertujuan untuk melatih Perwira Jaga Anjungan dalam mengolah gerakkan kapal (Manuvra Taktis) dalam membentuk formasi-formasi taktis yang diisyaratkan oleh OCS secara cepat dan benar. Latihan yang diikuti oleh 3 unsur MTF yakni KRI Sultan Iskandar Muda 367,BNS Madhumati (P-911) kapal dari Bangladesh dan FGS Ensdorf (M-1094) dari Jerman ini membentuk beberapa formasi antara lain formasi bersaf, formasi berbanjar.

Selain melatih oleh gerak kapal, latihan yang dipimpin oleh kapal perang Jerman FGS Ensdorf (M-1094) sebagai OCS ini juga melatih personil dalam code and decodeberita serta prosedur komunikasi dalam kirim terima berita.

Secara keseluruhan latihan yang dilaksanakan selama 2 jam ini dapat berjalan dengan aman dan lancar sesuai yang diharapkan.

Sumber: Dispenkoarmatim

No comments:

Post a Comment