Thursday, September 1, 2011

TNI Percepat Pengadaan Alutsista Hingga 2014

T-50 Golden Eagle. (Foto: KAI)

1 September 2011, Kulon Progo (ANTARA News): TNI-AU mempercepat pengadaan berbagai arsenal dan sistem pendukungnya yang diprogramkan untuk kurun 2010-2014 pada jangka waktu lima tahun ke depan.

Jadi pesan tegas kepada negara-negara yang mau main-main dengan kita: jangan coba teruskan niat itu kalau tidak mau berhadapan dengan militer dan seluruh rakyat Indonesia.

Kepala Staf TNI-AU, Marsekal TNI Imam Sufaat, di Wates, Kamis, mengatakan, "Presiden SBY berharap sebelum beliau masa jabatannya berakhir ada percepatan pengadaan arsenal ini. Sehingga saat masa jabatan beliau berakhir, TNI dalam hal ini TNI-AU sudah kuat."

Dengan begitu, penguatan arsenal matra udara TNI bersesanti Swabhuwana Pakca atau Sayap Tanah Air itu sesuai harapan Yudhoyono. Pada dasawarsa '60-an, AURI menjadi kekuatan udara terkuat di belahan selatan dunia. Saat itu, pemerintahan Bung Karno mengerahkan 29 persen APBN Indonesia untuk belanja militer.

Untuk ukuran saat ini, jumlah, jenis, dan tipe arsenal yang akan dibeli dengan berbagai skema pengadaan itu sungguh beragam. Mulai dari EMB-314 Super Tucano dari Brazil, jet latih lanjut-serang ringan T-50 Eagle dari Korea Utara, enam Sukhoi Su-27/30 MKI Flanker yang juga dilengkapi sistem kesenjataan dan avionikanya.

Rusia memang unik dalam menjual persenjataannya. Mereka jarang menempuh cara satu paket utuh; mereka menjual senjata dari satu fase ke fase berikutnya. Jadi kalau membeli Su-27 Flanker, mereka terlebih dahulu menjual pesawat terbang secara standar dan pelatihan pilotnya.

Untuk kelengkapan avionika dan sistem pendukung lain agar bisa memaksimalkan kemampuan dan persenjataan, itu hal lain yang perlu dirundingkan lebih lanjut. Produknya memang sangat andal, tapi berurusan dengan mereka cukup "ribet".

Masih ada bonus dari sikap Indonesia yang dinilai baik di mata Amerika Serikat. Itu adalah "kebaikan hati" pemerintah dan Kongres Amerika Serikat untuk menghibahkan 30 F-16 blok 32 Fighting Falcon.

Sudah cukupkah? Ternyata masih ada lagi, yaitu tidak tertutup kemungkinan ke-30 F-16 bekas pakai National Guard Air Force Reserve itu ditingkatkan lagi ke blok 52 sehingga setara dengan F-16 yang dimiliki sekutu-sekutu Amerika Serikat, di antaranya Singapura, Saudi Arabia, dan Belanda.

Tentang yang terakhir ini, Sufaat berkata, "Selain itu, Konggres Amerika pada 15 Agustus baru saja menyetujui bantuan pengadaan pesawat F-16 sebanyak 30 unit. Bagi kami, 24 untuk operasional pengaman dan enam lainnya sebagai cadangan. Kerjasama ini perjanjian pemerintah dengan pemerintah."

Langkah lebih ambisius juga telah digariskan Markas Besar TNI-AU di Cilangkap, Jakarta Timur. Itu berupa kerjasama dengan Angkatan Udara Korea Selatan (ROKAF) membuat pesawat yang lebih canggih dibandingkan dengan pesawat F-16.

"Kerjasama dengan Korea tersebut, diharapkan hingga pada 2020, Indonesia kembali memiliki tambahan 50 unit pesawat yang memiliki kecanggihan di atas F-16," katanya. Dalam "peta silsilah" penerbangan tempur, F-16 yang sekelas dengan Mirage 2000, sedikit di bawah Eurofighter Typhoon dan Mikoyan-Gurevich MiG-29, berada pada jajaran generasi keempat pesawat tempur.

Kalau uang menjadi pembatas, maka hubungan baik bisa menjadi obat mujarab. Sufaat menyatakan, TNI-AU juga sedang menunggu pengadaan pesawat C-130 Hercules dari Angkatan Udara Australia, yang juga sangat berfungsi vital sebagai pesawat untuk penanganan bencana alam dan operasi kemanusiaan lain.

"Kami masih menunggu dari Australia seperti pengadaan pesawat Hercules untuk pengananan bencana. Sehingga jika terjadi bencana, dapat digunakan untuk membantu menangani seperti penyaluran bahan makanan atau untuk menyelamatkan korban bencana," katanya.

Menurut dia, banyak pesawat yang sudah ada perlu segara diganti karena usianya rata-rata mencapai 30 tahun baik buatan Rusia seperti Sukhoi dan pesawat F-16 dari Amerika.

"Satu skuadron perlu segara diganti, kalau tidak diganti biaya perawatannya sangat tinggi. Selain itu, ada beberapa suku cadangan pesawat sudah tidak dibuat lagi karena pabrik yang membuat pesawat sudah tidak beroperasi," katanya.

Walau demikian, kata dia, meski beberapa pesawat sudah tidak dapat berfungsi secara maksimal, TNI-AU akan memaksimalkan operasionalisasi pesawat tempur untuk mengamankan wilayah kedaulatan Indonesia dari ancaman negara-negara lain.

Paling tidak, ada Malaysia, negara dalam ASEAN yang menunjukkan indikasi pemilikan terhadap Blok Ambalat. Walau perundingan petinggi militer Indonesia dan Malaysia --selalu mengklaim diri the Truly Asia-- menyatakan tidak akan ada aksi militer, mereka tidak malu-malu lagi meluncurkan unit-unit "patroli militer" di perairan itu.

Kalau kekuatan militer Indonesia sudah lebih kuat, ditunjang elan seluruh rakyat dan bangsa Indonesia, bisa diramalkan Malaysia dan negara-negara lain mengurungkan niat mengutik-utik keutuhan wilayah kedaulatan Indonesia.

Sumber: ANTARA News

1 comment:

  1. Presiden Susilo Bambang Menurutnya, banyak negara tetangga yang telah memiliki armada tempur udara dengan kemampuan daya jelajah mencapai hampir seluruh wilayah Indonesia. Begitupun dengan kemampuan armada laut yang juga meningkat, dari kapasitas armada laut lepas ke armada samudra. "Kita juga patut mencermati ancaman dan gangguan terhadap keamanan nasional.
    BEYE DENGEKEUN NGAING SIAH HAYANG TALATAH.
    ANCAMAN ANU KU MANEH TOS DIPIOMONGKEUN DIHAREUPEUN PARA SATRIYA-SATRIYA BALAMATI NAGARA RI SABENERNA GEUS TI ZAMAN JENDRAL MESEM GEUS AYA. NANGING RUPINA JENDRAL MESEM KIRANG TEGES ATANAPI SIEUNEUN KA SI KADAL JADAH AMERIKA SERIKAT TUR SAGOROMBOLANA TI PAGUYUBAN NATO!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    JENDRAL MESEM SIEUN MUNG HARTANA, BARUDAK-BARUDAKNA ANU LOLOBANA PARA PANGUSAHA KAKONCARA DI NAGARA RI IYEU BEAK TUR SIRNA !!!!!!!!!!!!!
    DA MANEH MAH MONTHONG SIEUN KA SI KADAL JADAH AMERIKA SERIKAT SI KOLONIALIS, IMPERIALIS, INVASIONIS, AGGRESIONIS, GARONG-IS, TUR ROBBERY-IS TEA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    MANEH KUDU WANI NGABELAAN RAHAYAT SAKABEHNA ANU PA JAJAR-JAJAR TI UJUNG BELAH KULON "KOTA SABANG" NEUPIKEUN BELAH WETAN "KOTA MERAUKE" NUSA PAPUA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    KUDU WANI SIAH BEYE MONTHONG SIEUN NGAAMPROK NGADEULEU TUR NGALOTOT-LOTOT BIJI PANON NGAWASAN GERAK-GERIK SENYAP SI KADAL JADAH AMERIKA SERIKAT!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    HARGA DIRI, KAHURMATAN TUR KADAULATAN NKRI NYAETA HARGA MATI ANU GEUS FINAL ANU MOAL BISA DIGADEKEUN KA SI KADAL JADAH AMERIKA SERIKAT!!!
    TEMPO WAE KUMAHA PROYEK ILEGAL NAMRU 2 SI KADAL JADAH AMERIKA SERIKAT BARETO ANU GEUS NGUPAYAKEUN PARAEHNA SAKABEH RAHAYAT ANU LOLOBAAN DI TATAR NKRI IYEU TINA VIRUS PANYAWAT ANTHRAX, SARS, EBOLA, DBD DEMAH BERDARAH DENGUE, AVIANT INFLUENZA=FLU BURUNG TUR SAGALA PANYAWAT-PANYAWAT SEJEN ANU TEU KAWILANG GAWAT BAHAYANA !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    KADUA CEUK KOLONEL HUGO CHAVEZ TUR PAKAR ASTRONOMI TUR GEOLOGI DUNIA SADAYANA NGAJELASKEUN YEUN BENTUK SEJEN TINA PRAKTEK IMPERIALISME, KOLONIALISME, EKSPANSIONISME, INVASIONISME, AGGRESIONISME, GARONG-ISME, TUR ROBBERY-ISME SI KADAL JADAH AMERIKA SERIKAT NYAETA AMERIKA NYIEUN MODIFIKASI IKLIM JAGAD DUNYA IYEU SAKAREP BERO MENEHANANA, KAWAS USUM HALODO, USUM GUNTUR PETIR, USUM HUJAN BANJIR, USUM TANAH LONGSOR, USUM GUNUNG ERUPSI, USUM GEMPA, TUR USUM TSUNAMI ANU DISEBABKEUN KU SENJATA MASSAL PENGUBAH IKLIM JAGAD "HAARP" DI BELAH GAKONA NAGARA PROPINSI ALASKA AMERIKA SERIKAT!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    AYEUNA GEUS TEU KAETANG GEMPA-GEMPA DAHSYAT KAJADEN DINAGARA URANG NKRI. TI MIMITI GEMPA & TSUNAMI ACEH 2004 NEUPIKEUN GEMPA PADANG SUMATERA BARAT TERAS DEUI ERUPSI GUNUNG SOPUTAN TUR GUNUNG LOKON DI MINAHASA SULAWESI UTARA NYAETA SADAYANA KUSABAB SENJATA MASSAL PENGUBAH IKLIM "HAARP" BOGAANA SI KADAL JADAH AMERIKA SERIKAT!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    OGE PERISTIWA PEMBERONTAKAN GAM ACEH, RMS MALUKU, TUR OPM PAPUA, PISAHNA PROPINSI TIMOR TIMUR OGE DISABABKEUN KU SI KADAL JADAH AMERIKA SERIKAT TUR SI KADAL JADAH AUSTRALIA!!!!!!!!!!
    SI KADAL JADAH AMERIKA SERIKAT HAYANG NGAMISKINKEUN SODARA-SODARA URANG BANGSA PAPUA TINA NGARAMPOK LADANG EMAS, TEMBAGA, TUR URANIUM TI BELAH TIMIKA, LAMUN GEUS RENGSE MANEHNA TINA EKSPLORASI EMAS, TEMBAGA, TUR URANIUM(SI KADAL JADAH AMERIKA SERIKAT)MEREAN CUMA-CUMA SENJATA-SENJATA CARANGGIH KA ORGANISASI PAPUA MERDEKA PIKEUN MEMBERONTAK TINA NKRI. IYEU ANU NGARANA KOLONIALISME KACIDA PISAN ANU DILAKONAN KU SI KADAL JADAH AMERIKA SERIKAT!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    AYEUNA TNI JEUNG POLRI KUDU DIKUATKEUN PISAN OGE DITINGKATKEUN PROFESIONALISMENA TINA STANDAR MINIMUM ESSENTIAL FORCE KANA HYPER MAXIMUM ESSENTIAL FORCE!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    ANU HIJI WAKTOS MUNG SI KADAL JADAH AUSTRALIA NYIEUN RIWEUH KA NAGARA URANG GEUS WE DILUNCURKEUN RUDAL ANTAR BENUA ANU TARGETNA KOTA SYDNEY, MELBOURNE, ADELAIDE, PERTH, BRISBANE TUR SADAYA KOTA-KOTA PENTING DI TATAR NAGARA SI KADAL JADAH AUSTRALIA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    SRI BADUGA MAHARAJA RATU JAYA DEWATA
    EMPEROR OF PADJADJARAN

    ReplyDelete