Wednesday, September 28, 2011

Paskhas dan Paskau Gagalkan Pembajakan Pesawat

Sejumlah anggota Tim Aksus Detasemen Bravo (Den Bravo) 90 Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU dan Counter Terrorist Unit (CTU) Pasukan Khas Udara (Paskau) Tentara Udara Diraja Malaysia (TUDM) melakukan parameter tempur penyergapan saat Simulasi Operasi Pembebasan Sandera di Lanud Supadio, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar, Selasa (27/9). Simulasi yang diikuti sejumlah anggota Tim Aksus Den Bravo 90 Paskhas TNI AU dan CTU TUDM tersebut, merupakan puncak kegiatan dari Latihan Bersama (Latma) Elang Malindo ke-24. (Foto: ANTARA/Jessica Wuysang/ss/AMA/11)

27 September 2011, Sungai Raya, Kalbar (ANTARA News): TNI Angkatan Udara dan Tentara Udara Diraja Malaysia menggagalkan serangan teroris yang melakukan pembajakan pesawat F-27 Fokker di Bandara Supadio Pontianak.

"Beberapa teroris yang menyamar sebagai teknisi dan awak pesawat berhasil melakukan pembajakan pesawat F-27 Fokker yang melaksanakan penerbangan dari Malaysia dengan tujuan Jakarta," kata Komandan Lanud Supadio, Kolonel Penerbang, Kustono, di Sungai Raya, saat latihan bersama Elang Malindo di upron Lanud Supadio, Selasa.

Dia mengatakan, di tengah perjalanan, teroris memaksa pilot untuk mengubah tujuan ke Bandara Supadio Pontianak. Setelah pesawat "landing" di Bandara Supadio Pontianak, maka teroris membawa dua pilot menuju ke VIP room Bandara Supadio untuk dijadikan sandera.

Tiba-tiba, di kejauhan tepatnya melintas di atas runway pesawat Fokker F-27 yang membawa lima orang peterjun gabungan yang terdiri dari tiga orang sniper dari Den Bravo Paskhas dan tiga orang sniper dari CTU Paskau TUDM.

Mereka akan melaksanakan infiltrasi melalui "free fall day" DC yang telah ditentukan untuk melaksanakan pengamatan dan pengamanan dini terhadap area sasaran yang akan diserbu oleh unit anti teror.

"Kemudian masing-masing penerjun mendarat dan melanjutkan infiltrasi ke titik-titik yang dapat melingkupi sasaran tempat sandera ditahan. Setelah unit sniper menempatkan diri, unit sniper akan menghubungi pusat dan melaporkan situasi dan kondisi," katanya.

Sementara area sasaran yang sangat berguna dalam mendukung proses pembebasan sandera yang akan dilaksanakan unit AKSUS, kata Kustono yang agkan di udara, lanjutnya, pesawat CN 235 TUDM yang membawa unit gabungan Den Bravo Paskhas dan CTU Paskau melakukan strategi penyerangan.

Unit pembebasan sandera langsung keluar melalui ramp door dan bergerak dengan teknis menuju daerah sasaran. Sementara Pesawat CN 235 melaksanakan parking menghadap ke runway dengan tujuan untuk segera melaksanakan eksfiltrasi, sementara itu, unit pengaman akan melindungi pesawat dari ancaman.

Kedua unit tersebut melaksanakan serbuan secara serentak dengan mengutamakan unsur pendadakan, kecepatan dan ketepatan. Dan setelah gedung berhasil dikuasai dan sandera berhasil dibebaskan, unit ini langsung melaksanakan escape menuju pesawat CN 235 dengan di cover oleh sniper dan FPU.

Aksi teroris tersebut berhasil digagalkan berkat kerja sama dua negara (Indonesia-Malaysia) melalui pasukan khusus Den Bravo 90 Paskhas TNI AU (Indonesia) dan Unit CTU Paskau dari satuan khusus TUDM (Malaysia).

"Ini merupakan rangkaian simulasi pelaksanaan latihan bersama Elang Malindo XXIV/2011 di Lanud Supadio. Dalam operasi antiteror ini, unit ini melaksanakan infiltrasi dengan cara air landed dan kemudian melaksanakan pembebasan sandera," tuturnya.

Unit itu terdiri dari Counter Terorist Unit dan Force Protectino Unit. Dalam hal itu, CTU bertugas untuk melaksanakan pembebasan sandera dan FPU bertugas untuk melaksanakan pengamanan di sekitar pesawat.

Infiltrasi udara dilakukan dengan menggunakan pesawat Foker 27-01 TNI AU dan pesawat CN 235 TUDM.

"Hari ini merupakan latihan teakhir dari Elang Malindo 2011. Dan besok pagi, kita akan melakukan upacara penutupan," kata Kustono.

Sumber : Antara

1 comment:

  1. Presiden Susilo Bambang Menurutnya, banyak negara tetangga yang telah memiliki armada tempur udara dengan kemampuan daya jelajah mencapai hampir seluruh wilayah Indonesia. Begitupun dengan kemampuan armada laut yang juga meningkat, dari kapasitas armada laut lepas ke armada samudra. "Kita juga patut mencermati ancaman dan gangguan terhadap keamanan nasional.
    BEYE DENGEKEUN NGAING SIAH HAYANG TALATAH.
    ANCAMAN ANU KU MANEH TOS DIPIOMONGKEUN DIHAREUPEUN PARA SATRIYA-SATRIYA BALAMATI NAGARA RI SABENERNA GEUS TI ZAMAN JENDRAL MESEM GEUS AYA. NANGING RUPINA JENDRAL MESEM KIRANG TEGES ATANAPI SIEUNEUN KA SI KADAL JADAH AMERIKA SERIKAT TUR SAGOROMBOLANA TI PAGUYUBAN NATO!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    JENDRAL MESEM SIEUN MUNG HARTANA, BARUDAK-BARUDAKNA ANU LOLOBANA PARA PANGUSAHA KAKONCARA DI NAGARA RI IYEU BEAK TUR SIRNA !!!!!!!!!!!!!
    DA MANEH MAH MONTHONG SIEUN KA SI KADAL JADAH AMERIKA SERIKAT SI KOLONIALIS, IMPERIALIS, INVASIONIS, AGGRESIONIS, GARONG-IS, TUR ROBBERY-IS TEA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    MANEH KUDU WANI NGABELAAN RAHAYAT SAKABEHNA ANU PA JAJAR-JAJAR TI UJUNG BELAH KULON "KOTA SABANG" NEUPIKEUN BELAH WETAN "KOTA MERAUKE" NUSA PAPUA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    KUDU WANI SIAH BEYE MONTHONG SIEUN NGAAMPROK NGADEULEU TUR NGALOTOT-LOTOT BIJI PANON NGAWASAN GERAK-GERIK SENYAP SI KADAL JADAH AMERIKA SERIKAT!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    HARGA DIRI, KAHURMATAN TUR KADAULATAN NKRI NYAETA HARGA MATI ANU GEUS FINAL ANU MOAL BISA DIGADEKEUN KA SI KADAL JADAH AMERIKA SERIKAT!!!
    TEMPO WAE KUMAHA PROYEK ILEGAL NAMRU 2 SI KADAL JADAH AMERIKA SERIKAT BARETO ANU GEUS NGUPAYAKEUN PARAEHNA SAKABEH RAHAYAT ANU LOLOBAAN DI TATAR NKRI IYEU TINA VIRUS PANYAWAT ANTHRAX, SARS, EBOLA, DBD DEMAH BERDARAH DENGUE, AVIANT INFLUENZA=FLU BURUNG TUR SAGALA PANYAWAT-PANYAWAT SEJEN ANU TEU KAWILANG GAWAT BAHAYANA !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    KADUA CEUK KOLONEL HUGO CHAVEZ TUR PAKAR ASTRONOMI TUR GEOLOGI DUNIA SADAYANA NGAJELASKEUN YEUN BENTUK SEJEN TINA PRAKTEK IMPERIALISME, KOLONIALISME, EKSPANSIONISME, INVASIONISME, AGGRESIONISME, GARONG-ISME, TUR ROBBERY-ISME SI KADAL JADAH AMERIKA SERIKAT NYAETA AMERIKA NYIEUN MODIFIKASI IKLIM JAGAD DUNYA IYEU SAKAREP BERO MENEHANANA, KAWAS USUM HALODO, USUM GUNTUR PETIR, USUM HUJAN BANJIR, USUM TANAH LONGSOR, USUM GUNUNG ERUPSI, USUM GEMPA, TUR USUM TSUNAMI ANU DISEBABKEUN KU SENJATA MASSAL PENGUBAH IKLIM JAGAD "HAARP" DI BELAH GAKONA NAGARA PROPINSI ALASKA AMERIKA SERIKAT!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    AYEUNA GEUS TEU KAETANG GEMPA-GEMPA DAHSYAT KAJADEN DINAGARA URANG NKRI. TI MIMITI GEMPA & TSUNAMI ACEH 2004 NEUPIKEUN GEMPA PADANG SUMATERA BARAT TERAS DEUI ERUPSI GUNUNG SOPUTAN TUR GUNUNG LOKON DI MINAHASA SULAWESI UTARA NYAETA SADAYANA KUSABAB SENJATA MASSAL PENGUBAH IKLIM "HAARP" BOGAANA SI KADAL JADAH AMERIKA SERIKAT!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    OGE PERISTIWA PEMBERONTAKAN GAM ACEH, RMS MALUKU, TUR OPM PAPUA, PISAHNA PROPINSI TIMOR TIMUR OGE DISABABKEUN KU SI KADAL JADAH AMERIKA SERIKAT TUR SI KADAL JADAH AUSTRALIA!!!!!!!!!!
    SI KADAL JADAH AMERIKA SERIKAT HAYANG NGAMISKINKEUN SODARA-SODARA URANG BANGSA PAPUA TINA NGARAMPOK LADANG EMAS, TEMBAGA, TUR URANIUM TI BELAH TIMIKA, LAMUN GEUS RENGSE MANEHNA TINA EKSPLORASI EMAS, TEMBAGA, TUR URANIUM(SI KADAL JADAH AMERIKA SERIKAT)MEREAN CUMA-CUMA SENJATA-SENJATA CARANGGIH KA ORGANISASI PAPUA MERDEKA PIKEUN MEMBERONTAK TINA NKRI. IYEU ANU NGARANA KOLONIALISME KACIDA PISAN ANU DILAKONAN KU SI KADAL JADAH AMERIKA SERIKAT!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    AYEUNA TNI JEUNG POLRI KUDU DIKUATKEUN PISAN OGE DITINGKATKEUN PROFESIONALISMENA TINA STANDAR MINIMUM ESSENTIAL FORCE KANA HYPER MAXIMUM ESSENTIAL FORCE!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    ANU HIJI WAKTOS MUNG SI KADAL JADAH AUSTRALIA NYIEUN RIWEUH KA NAGARA URANG GEUS WE DILUNCURKEUN RUDAL ANTAR BENUA ANU TARGETNA KOTA SYDNEY, MELBOURNE, ADELAIDE, PERTH, BRISBANE TUR SADAYA KOTA-KOTA PENTING DI TATAR NAGARA SI KADAL JADAH AUSTRALIA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    SRI BADUGA MAHARAJA RATU JAYA DEWATA
    EMPEROR OF PADJADJARAN

    ReplyDelete