Wednesday, October 5, 2011

Riwayat Dua Pesawat Terbang

C-212 TNI AL. (Foto: Berita HanKam)

5 Oktober 2011, KOMPAS: ”Dengan membeli, tak akan pernah bangsa Indonesia memiliki keterampilan apa pun di bidang teknologi pesawat terbang. Padahal, karena wilayahnya, bangsa Indonesia akan selalu hidup dengan pesawat terbang...”. (Teknologi di Indonesia, Subekti Dkk, Editor, 1993)

Pabrik pesawat IPTN di Bandung pada masa jayanya divisikan satu hari menjadi seperti ”Everett dari Timur”. Everett adalah lokasi pabrik pesawat terbang Amerika Serikat yang terkemuka, Boeing Co. Dikisahkan, bahwa setelah Prof BJ Habibie mengetuk kanan-kiri pabrik pesawat terbang di dunia, yang mau diajak bekerja sama hanya Construcciones Aeronauticas SA, Spanyol. Maka, melalui program lisensi, dirakitlah pesawat Aviocar atau mobil terbang CASA-212 di pabrik IPTN di Bandung mulai paruh kedua 1970-an.

Berikutnya pada tahap kedua dikembangkan rekayasa berdasarkan teknologi yang sudah ada, dan ini mewujud pada CN-235, yang masih dibuat bersama Construcciones Aeronauticas SA (CASA) melalui konsorsium Airtech. Tahap ketiga adalah rekayasa asli dengan teknologi baru, yang mewujud dalam pesawat N-250, yang kini menjadi besi tua. Tahap keempat yang belum terwujud diandaikan akan melibatkan riset dasar.

Dalam kesederhanaannya, C-212 setia melayani penerbangan di jalur perintis, baik di Indonesia timur maupun barat—sebagaimana dilakukan oleh PT Nusantara Buana Air di Sumatera Utara.

Selain untuk angkutan penumpang, PT Dirgantara Indonesia (sebagai kelanjutan IPTN) mengembangkan inovasi untuk pesawat seri 200 ini, menjadikannya sebagai pesawat intai laut (maritime surveillance) dan juga menjadi pesawat penjaga pantai (coast guard) yang dilengkapi dengan perlengkapan seperti radar hidung dan FLIR (forward looking infra-red).

Sebagai pesawat angkut perintis, C-212 harus diakui jasanya. Sudah ribuan orang diangkut oleh pesawat ini sejak mulai dioperasikan sejak lebih dari tiga dekade silam.

Alih-alih melangkah ke industri lebih modern, PT Dirgantara Indonesia makin hari justru makin kurang modal. Produk andalannya, CN-235, meski masih ada pembelinya, terasa makin menua dari segi desain, sementara CASA juga sudah membuat versi modern pesawat ini, yakni C-295.

Adapun C-212-200 yang masih dioperasikan semakin tua umurnya. Satu demi satu tipe ini akan memasuki usia pensiun.

Everett asli

Ketika mimpi Everett dari Timur buyar bak istana pasir, Everett asli di Negara Bagian Washington tampak semakin berjaya. Meski sebagai penjual pesawat badan lebar di dunia posisinya disusul oleh industri Eropa, Airbus, Boeing Co tak berhenti berinovasi.

Sementara produk larisnya—yakni seri 737-800 dan 777-300ER—kini terus mengalir ke maskapai penerbangan utama dunia, Boeing kini tengah berbunga-bunga. Karya terbarunya, yakni Boeing 787 yang dijuluki Dreamliner, setelah terlambat sekitar tiga tahun, mulai diserahkan kepada pembelinya. Yang pertama telah diserahkan kepada launch customer ANA (All Nippon Airways), 28 September silam.

Penerbangan perdana Dreamliner ANA juga menyediakan tiket undian amal. Dua di antaranya telah terjual melalui eBay seharga 32.700 dollar Australia. Penerbangan perdana Dreamliner akan berlangsung 26 Oktober mendatang dari Bandar Udara Narita, Jepang, ke Hongkong yang lamanya 3,5 jam (Australian Business Traveller, 3/10).

Hasil lelang kursi penerbangan perdana akan diserahkan untuk kegiatan pelestarian lingkungan di Jepang, yang sekaligus juga melambangkan karakter ramah lingkungan pesawat jet baru Boeing ini.

Dreamliner merupakan pesawat yang dalam berbagai seginya berbeda dibandingkan dengan pesawat sebelumnya. Memasuki pesawat ini, penumpang serasa tidak memasuki pesawat yang pernah dikenal sebelumnya.

Yang lebih fundamental, 787 mampu membuat penumpang terbang lebih nyaman. Rasa letih yang acap muncul karena berada di tempat tinggi, juga pusing, otot kaku, dan mual, telah ditanggulangi oleh Boeing.

Apabila sebagian besar pesawat penumpang mengeset tekanan kabin setara dengan tekanan udara di ketinggian 7.500-8.000 kaki (2.286 meter-2.438 meter) di atas permukaan laut, pada 787 tekanan udara di kabin dibuat setara dengan tekanan udara ketinggian 6.000 kaki (1.829 meter) sehingga mengurangi efek ketidaknyamanan.

Tampak ada kesenjangan yang luar biasa jauh antara C-212 dan B-787, baik secara teknologi maupun secara desain. C-212 seolah masa lalu, yang masih bersama kita, dan B-787 adalah masa depan yang kita belum yakin bisa memilikinya.

Impian Indonesia tentang pabrik seperti Everett datang sekitar tujuh dekade setelah Boeing. Wajarlah kalau Boeing telah mencapai tingkat kecanggihan setinggi seperti dicerminkan B-787. Yang kita khawatirkan adalah kalau untuk membuat penerus C-212 pun kita tak sanggup lagi. Everett dari Timur bukan saja akan terkubur, tetapi seterusnya kita hanya akan mampu terpesona oleh munculnya Dreamliner-Dreamliner baru dan selamanya akan menjadi pembeli setia pesawat terbang, sebagaimana layaknya pembeli setia mobil asing.

Sumber: KOMPAS

2 comments:

  1. miris membacanya......
    adakah para pemimpin negara ini yang memikirkannya.....

    ReplyDelete
  2. Presiden Susilo Bambang Menurutnya, banyak negara tetangga yang telah memiliki armada tempur udara dengan kemampuan daya jelajah mencapai hampir seluruh wilayah Indonesia. Begitupun dengan kemampuan armada laut yang juga meningkat, dari kapasitas armada laut lepas ke armada samudra. "Kita juga patut mencermati ancaman dan gangguan terhadap keamanan nasional.
    BEYE DENGEKEUN NGAING SIAH HAYANG TALATAH.
    ANCAMAN ANU KU MANEH TOS DIPIOMONGKEUN DIHAREUPEUN PARA SATRIYA-SATRIYA BALAMATI NAGARA RI SABENERNA GEUS TI ZAMAN JENDRAL MESEM GEUS AYA. NANGING RUPINA JENDRAL MESEM KIRANG TEGES ATANAPI SIEUNEUN KA SI KADAL JADAH AMERIKA SERIKAT TUR SAGOROMBOLANA TI PAGUYUBAN NATO!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    JENDRAL MESEM SIEUN MUNG HARTANA, BARUDAK-BARUDAKNA ANU LOLOBANA PARA PANGUSAHA KAKONCARA DI NAGARA RI IYEU BEAK TUR SIRNA !!!!!!!!!!!!!
    DA MANEH MAH MONTHONG SIEUN KA SI KADAL JADAH AMERIKA SERIKAT SI KOLONIALIS, IMPERIALIS, INVASIONIS, AGGRESIONIS, GARONG-IS, TUR ROBBERY-IS TEA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    MANEH KUDU WANI NGABELAAN RAHAYAT SAKABEHNA ANU PA JAJAR-JAJAR TI UJUNG BELAH KULON "KOTA SABANG" NEUPIKEUN BELAH WETAN "KOTA MERAUKE" NUSA PAPUA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    KUDU WANI SIAH BEYE MONTHONG SIEUN NGAAMPROK NGADEULEU TUR NGALOTOT-LOTOT BIJI PANON NGAWASAN GERAK-GERIK SENYAP SI KADAL JADAH AMERIKA SERIKAT!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    HARGA DIRI, KAHURMATAN TUR KADAULATAN NKRI NYAETA HARGA MATI ANU GEUS FINAL ANU MOAL BISA DIGADEKEUN KA SI KADAL JADAH AMERIKA SERIKAT!!!
    TEMPO WAE KUMAHA PROYEK ILEGAL NAMRU 2 SI KADAL JADAH AMERIKA SERIKAT BARETO ANU GEUS NGUPAYAKEUN PARAEHNA SAKABEH RAHAYAT ANU LOLOBAAN DI TATAR NKRI IYEU TINA VIRUS PANYAWAT ANTHRAX, SARS, EBOLA, DBD DEMAH BERDARAH DENGUE, AVIANT INFLUENZA=FLU BURUNG TUR SAGALA PANYAWAT-PANYAWAT SEJEN ANU TEU KAWILANG GAWAT BAHAYANA !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    KADUA CEUK KOLONEL HUGO CHAVEZ TUR PAKAR ASTRONOMI TUR GEOLOGI DUNIA SADAYANA NGAJELASKEUN YEUN BENTUK SEJEN TINA PRAKTEK IMPERIALISME, KOLONIALISME, EKSPANSIONISME, INVASIONISME, AGGRESIONISME, GARONG-ISME, TUR ROBBERY-ISME SI KADAL JADAH AMERIKA SERIKAT NYAETA AMERIKA NYIEUN MODIFIKASI IKLIM JAGAD DUNYA IYEU SAKAREP BERO MENEHANANA, KAWAS USUM HALODO, USUM GUNTUR PETIR, USUM HUJAN BANJIR, USUM TANAH LONGSOR, USUM GUNUNG ERUPSI, USUM GEMPA, TUR USUM TSUNAMI ANU DISEBABKEUN KU SENJATA MASSAL PENGUBAH IKLIM JAGAD "HAARP" DI BELAH GAKONA NAGARA PROPINSI ALASKA AMERIKA SERIKAT!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    AYEUNA GEUS TEU KAETANG GEMPA-GEMPA DAHSYAT KAJADEN DINAGARA URANG NKRI. TI MIMITI GEMPA & TSUNAMI ACEH 2004 NEUPIKEUN GEMPA PADANG SUMATERA BARAT TERAS DEUI ERUPSI GUNUNG SOPUTAN TUR GUNUNG LOKON DI MINAHASA SULAWESI UTARA NYAETA SADAYANA KUSABAB SENJATA MASSAL PENGUBAH IKLIM "HAARP" BOGAANA SI KADAL JADAH AMERIKA SERIKAT!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    OGE PERISTIWA PEMBERONTAKAN GAM ACEH, RMS MALUKU, TUR OPM PAPUA, PISAHNA PROPINSI TIMOR TIMUR OGE DISABABKEUN KU SI KADAL JADAH AMERIKA SERIKAT TUR SI KADAL JADAH AUSTRALIA!!!!!!!!!!
    SI KADAL JADAH AMERIKA SERIKAT HAYANG NGAMISKINKEUN SODARA-SODARA URANG BANGSA PAPUA TINA NGARAMPOK LADANG EMAS, TEMBAGA, TUR URANIUM TI BELAH TIMIKA, LAMUN GEUS RENGSE MANEHNA TINA EKSPLORASI EMAS, TEMBAGA, TUR URANIUM(SI KADAL JADAH AMERIKA SERIKAT)MEREAN CUMA-CUMA SENJATA-SENJATA CARANGGIH KA ORGANISASI PAPUA MERDEKA PIKEUN MEMBERONTAK TINA NKRI. IYEU ANU NGARANA KOLONIALISME KACIDA PISAN ANU DILAKONAN KU SI KADAL JADAH AMERIKA SERIKAT!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    AYEUNA TNI JEUNG POLRI KUDU DIKUATKEUN PISAN OGE DITINGKATKEUN PROFESIONALISMENA TINA STANDAR MINIMUM ESSENTIAL FORCE KANA HYPER MAXIMUM ESSENTIAL FORCE!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    ANU HIJI WAKTOS MUNG SI KADAL JADAH AUSTRALIA NYIEUN RIWEUH KA NAGARA URANG GEUS WE DILUNCURKEUN RUDAL ANTAR BENUA ANU TARGETNA KOTA SYDNEY, MELBOURNE, ADELAIDE, PERTH, BRISBANE TUR SADAYA KOTA-KOTA PENTING DI TATAR NAGARA SI KADAL JADAH AUSTRALIA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    SRI BADUGA MAHARAJA RATU JAYA DEWATA
    EMPEROR OF PADJADJARAN

    ReplyDelete