Friday, March 11, 2011

Kerjasama Pertahanan Indonesia-Korsel Terus Ditingkatkan


11 Maret 2011, Jakarta -- (DMC): Jakarta, DMC- Kerjasama Indonesia dan Korea Selatan (Korsel), khususnya dalam bidang pertahanan, saat ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan, demikian dikatakan Menteri Pertahanan (Menhan) RI Purnomo Yusgiantoro saat menerima Duta Besar Korsel untuk Indonesia, Kim Ho Young, di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta Kamis (10/3).

Kunjungan Dubes Korea Selatan yang telah menguasai Bahasa Indonesia tersebut, dimaksudkan untuk menyampaikan terima kasih atas dukungan pemerintah Indonesia, khususnya jajaran Kemhan, yang telah mendukung penuh selama dirinya bertugas di Indonesia. Selanjutnya Kim Ho Young akan kembali ke Korsel dan menunggu jabatan baru yang akan diembannya.

Sejak bertugas di Jakarta pada Juli tiga tahun lalu, Diplomat yang lahir pada tangga 18 Januari 1954 ini telah mampu menjadi kepanjangan tangan bagi hubungan kerjasama pertahanan Indonesia-Korsel sehingga menjadi semakin meningkat. Hal itu ditandai dengan kurangnya kendala dalam proses pengadaan Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) kedua negara diantaranya, Pengadaan kapal jenis Landing Platform Dock, yakni KRI Surabaya dan KRI Makassar, yang dipesan TNI Angkatan Laut kepada Galangan Kapal Daesun Korea, Pengadaan Kapal Pesawat Patroli Maritim produksi PT Dirgantara Indonesia untuk Angkatan Laut Korsel, ataupun kegiatan hibah kendaraan tank amphibi Korsel kepada Pasukan Marinir.

Lebih dari itu, Kim Ho Young juga memberikan dukungan penuh bagi rencana produksi bersama pesawat tempur generasi baru Indonesia-Korsel dengan mengkomunikasikan keinginan Indonesia kepada Pemerintah Korsel ataupun sebaliknya.

Menhan pada kesempatan tersebut juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas kerjasama Dubes Korsel selama bertugas di Indonesia dan mengharapkan kerjasama ke depan dengan pemerintahan Korsel lebih meningkat lagi.

Menhan pada kesempatan tersebut didampingi Kepala Pusat Komunikasi Publik (Kapuskomlik) Brigjen TNI I Wayan Midhio, M.Phil dan Direktur Kerjasama Internasional (Dirkersin) Brigjen TNI Wahyu Suhendar.

Sebelumnya Dubes Korsel Kim Ho Young juga menyempatkan berpamitan dengan Wakil Menhan, Sjafrie Sjamsoeddin, di Ruang Tamu Wamenhan. Senada yang disampaikan Menhan, Wamenhan mengatakan kerja sama dengan pemerintahan Indonesia dan Korsel dalam bidang militer dan pertahanan saat ini sangat baik, namun demikian ke depan diharapkan Korsel dapat sebagai referensi dalam bidang lain selain militer dan pertahanan.

Sumber: DMC

No comments:

Post a Comment