Friday, July 16, 2010

Pelepasan Kontingen Binsat Pasmar-1

16 Juli 2010, Sidoarjo -- Komandan Kontingen Tim Binsat Pasmar-1, Kolonel Mar RB Heraspatty (kiri) membawa lambang kehormatan kontingen, setelah diserahkan oleh Dan Pasmar-1, Brigjen TNI (Mar) I Wayan Mendra, saat upacara pelepasan di Mako Pasmar-1, Gedangan Sidoarjo, Jumat (16/7). Sebanyak 120 anggota Korps Marinir jajaran Pasmar-1 mengikuti Lomba Binsat di Mako Kormar Jakarta, dengan materi lomba Cross Country 8 Km, Speed March 8 Km, Renang Laut 600 M, Halang Rintang dan Menembak (pistol dan Sniper). (Foto: ANTARA/Eric Ireng/ss/hp/10)

16 Juli 2010, Surabaya -- Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Mendra melepas Kontingen Pembinaan Satuan (Binsat) Pasmar-1 dalam upacara di Markas Komando Pasmar-1, Jalan Ahamd Yani, Gedangan, Sidoarjo, Jumat.

Dalam amanatnya, ia mengatakan lomba Binsat merupakan perlombaan yang sangat bergengsi, karena mempertaruhkan harga diri serta kebesaran satuan dan juga sebagai salah satu bentuk pembinaan personel yang diwujudkan dalam suatu uji kemampuan perorangan.

Selain itu, kata orang nomor satu di jajaran Pasmar-1 itu, Lomba Binsat dapat digunakan mengukur sejauh mana kemampuan mental dan fisik seorang prajurit dengan menitikberatkan pada kemampuan jasmani dan keterampilan perorangan sebagai pendarat amfibi.

"Kalian adalah wakil dari Keluarga Besar Pasmar-1, kalian telah mendapat kepercayaan sekaligus kehormatan untuk mengikuti lomba Binsat tingkat Kormar tahun 2010. Saya yakin dengan latihan yang maksimal, persiapan yang matang akan dapat mengemban kepercayaan," katanya.


Dan Pasmar-1, Brigjen TNI (Mar) I Wayan Mendra (kanan) memeriksa perlengkapan anggota Korps Marinir yang tergabung dalam Kontingen Binsat Pasmar-1. (Foto: ANTARA/Eric Ireng/ss/hp/10)

Namun dibalik semua itu, terkandung makna yang jauh lebih penting dan harus dijaga, yaitu terpeliharanya persatuan dan kesatuan keluarga besar Korps Marinir demi tetap tegaknya citra dan cita-cita TNI AL, khususnya Korps Marinir.

Lomba Binsat Kormar tahun 2010 mempertandingkan cabang Menembak Senapan, Menembak Pistol, Sniper, Cross Country 8 Km, Speed March 8 Km, Renang Laut 600 M, dan Halang Rintang.

Rencananya, kompetisi berlangsung di Jakarta mulai tanggal 26 Juli 2010 hingga 3 Agustus 2010. Pasmar-1 menyertakan 120 personel dengan Komandan Kontingen Kolonel Marinir R.B Heraspatty untuk mengikuti Lomba Binsat 2010.

Acara dihadiri Komandan Kolatmar Kolonel Marinir Purwadi, Komandan Lanmar Surabaya Kolonel Marinir Enjang Suryana, Para Komandan Kolak Pasmar-1, Para Asisten Komandan Pasmar-1 dan pejabat di jajaran Pasmar-1.

Komandan Kontingen Binsat Pasmar-1 Kolonel Marinir RB Heraspatty membacakan laporan kesiapan kontingen. (Foto: Serda Mar Kuwadi)

Kontingen Binsat Pasmar-1 mengikuti upacara pelepasan di Markas Komando Pasmar-1, Gedangan, Sidoarjo. (Foto: Serda Mar Kuwadi)

Komandan Pasmar-1, Brigjen TNI (Mar) I Wayan Mendra memeriksa perlengkapan kontingen Binsat Pasmar-1. (Foto: Serda Mar Kuwadi)

Komandan Pasmar-1, Brigjen TNI (Mar) I Wayan Mendra memotong tumpeng dan diberikan kepada Danyonif-3 Mar Mayor Marinir Asril Tanjung. (Foto: Serda Mar Kuwadi)

Kontingen Binsat Pasmar-1 berpamitan kepada pejabat Teras Pasmar-1. (Foto: Serda Mar Kuwadi)

ANTARA Jatim

No comments:

Post a Comment